Fakta Unik tentang Cacing Tanah yang Jarang Diketahui Orang

Amongguru.com. Fakta Unik tentang Cacing Tanah yang Jarang Diketahui Orang.

Cacing tanah oleh sebagian besar orang dianggap sebagai binatang yang menjijikkan. Akan tetapi, cacing tanah ternyata memiliki peranan yang besar dalam menyuburkan tanah. Cacing tanah juga banyak dimanfaatkan sebagai umpan pancing untuk makanan ikan.

Cacing tanah  berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum Annelida. Cacing ini pada umumnya ditemukan hidup di tanah, serta memakan bahan organik hidup dan mati.

Cacing tanah memiliki sistem pencernaan berjalan melalui panjang tubuhnya. Selain fakta tersebut, ternyata cacing tanah juga memiliki fakta unik lainnya yang menarik untuk dipelajari.

Berikut ini fakta unik tentang cacing tanah yang jarang diketahui orang, dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta Unik tentang Cacing Tanah yang Jarang Diketahui Orang

  1. Gerakan tubuh cacing dilakukan oleh otot sirkular berbentuk cincin dan otot memanjang pada tubuhnya yang meregang dan mengendur secara bergantian. Gerakan ini memungkinkan cacing dapat bergerak di dalam tanah lembab dan basah.
  2. Meskipun terdapat lebih dari enam ribu spesies cacing tanah, terhanya hanya beberapa jenis speses saja yang mampu membantu menggemburkan tanah.
  3. Kotoran cacing tanah banyak mengandung unsur hara yang diperlukan oleh tanaman, sehingga keberadaannya membantu menyuburkan tanah.
  4. Cacing tanah tetap membutuhkan kalsium, meskipun mereka tidak memiliki tulang dan rangka.
  5. Cacing tanah menyenangi tanah yang lembab dan gelap, sehingga sering ditemukan pada katu lapuk dan di bawah batu. Beberapa cacing lainnya juga menyukai hidup di kotoran kuda dan sapi.
  6. Cacing tanah adalah hewan hermaprodit (berkelamin ganda), sehingga di dalam tumbuhnya ada alat penghasil sel telur (ovarium) dan terdapat pula alat penghasil sperma.
  7. Meskipun berkelamin ganda, cacing tetap melakukan perkawinan untuk saling bertukar sperma.
  8. Cacing akan pergi dari tempat yang terdapat makanan bersifat asam, seperti nanas dan jeruk.
  9. Cacing tanah mampu hidup sampai usia 4 tahun jika berada pada kondisi atau lingkungan yang sesuai. Sedangkan di alam bebas, cacing tanah hanya mampu hidup selama 2 tahun saja.
  10. Apabila cacing tanah kehilangan atau terpotong salah satu bagian tubuhnya, maka dapat tumbuh pengganti.
  11. Cacing tanah menggunakan kulitnya sebagai alat pernapasan.
  12. Bayi cacing tanah setelah menetas dapat langsung hidup mandiri, tidak membutuhkan perawatan sama sekali dari induknya.
  13. Fosil cacing yang mirip dengan cacing tanah telah ditemukan di bebatuan dan diperkirakan hidup pada sekitar 600 juta tahun yang lalu.
  14. Cacing tanah termasuk hewan berdarah dingin, karena suhu tubuhnya mampu menyesuaikan suhu lingkungan.
  15. Cacing tanah tidak tahan terhadap radiasi sinar ultraviolet, sehingga hewan ini akan lemas dan mati jika tersengat sinar matahari. Caing tanah memiliki kulit yang tipis sehingga tidak tahan terhadap sengatan sinar matahari.
Demikian ulasan mengenai Fakta Unik tentang Cacing Tanah yang Jarang Diketahui Orang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan