Fakta Unik Tentang Bunga Pukul Empat, Hanya Membuka Pada Sore Hari

Fakta Unik Tentang Bunga Pukul Empat, Hanya Membuka Pada Sore Hari 

Amongguru.com. Bunga Pukul Empat (Mirabilis jalapa) merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sebagai tanaman hias di Indonesia.

Berikut ini klasifikasi lengkap dari Bunga Pukul Empat.

  • Kingdom : Plantae (tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (tumbuhan dengan pembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (tumbuhan yang menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (tumbuhan yang mampu berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (tumbuhan  yang memiliki keping dua atau dikotil)
  • Sub Kelas : Hamamelidae
  • Ordo: Caryophyllales
  • Famili : Nyctaginaceae
  • Genus : Mirabilis
  • Spesies : Mirabilis jalapa L.
Fakta Unik Tentang Bunga Pukul Empat, Hanya Membuka Pada Sore Hari

Tanaman Bunga Pukul Empat berasal dari Meksiko (Amerika Selatan) dan memiliki banyak warna, yaitu merah, kuning, putih, dan merah muda (campuran dari merah dan putih).

Perbedaan warna tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan gen dari masing-masing tanaman. Jenis tanaman ini mudah dikembangkan dengan penyebaran biji.

Nama Bunga Pukul Empat dipilih karena bunga dari tanaman ini akan mekar hanya pada waktu sore hari.  Bunga pukul empat baru berbunga setelah berusia kurang lebih tiga bulan. Bentuk bunganya mirip dengan terompet berukuran kecil.

Tanaman Bunga Pukul Empat juga memiliki biji yang bulat dan sedikit berkerut. Ketika mekar, Bunga Pukul Empat akan mengeluarkan bau yang khas dan lembut selama malam hari. Bunga ini akan menutup kembali pada waktu pagi hari.

Mengapa Bunga Pukul Empat Hanya Mekar pada Sore Hari?

Bunga Pukul Empat memiliki keunikan karena hanya akan membuka pada waktu sore hari dan menutup di pagi hari. Ternyata, Bunga Pukul Empat memiliki kemampuan dalam merespon intensitas cahaya dan suhu lingkungan di sekitarnya.

Pada saat suhu mulai dingin, yang ditandai dengan tenggelamnya matahari, maka mulailah bunga membuka. Ketika panas, bunga akan menutup dengan sendirinya. Gerak membuka dan menutupnya Bunga Pukul Empat, karena rangsangan cahaya ini disebut gerak fotonasti.

Performa terbaik dari Bunga Pukul Empat akan muncul apabila tanaman ini diberi cukup cahaya matahari sepanjang hari.

Manfaat Bunga Pukul Empat

Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, Bunga Pukul Empat menyimpan beberapa manfaat lainnya. Bunga Pukul Empat dapat dijadikan sebagai pewarna makanan, khususnya untuk menambah warna menarik pada kue dan jelly.

Bunga Pukul Empat juga memiliki manfaat di bidang kesehatan. Tanaman ini mengandung senyawa yang berfungsi sebagai anti inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul, radang amandel, dan jerawat.

Sifat diuretik dari Bunga Pukul Empat dapat dimanfaatkan untuk memperlancar urine dan melarutkan batu ginjal. Bagian tanaman ini yang banyak digunakan adalah daun dan akarnya.

Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian Fakta Unik Tentang Bunga Pukul Empat, Hanya Membuka Pada Sore hari  Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan