Fakta Unik tentang Bekicot yang Belum Banyak Diketahui

Amongguru.com. Fakta Unik tentang Bekicot yang Belum Banyak Diketahui.

Bekicot (Achatina fullica) termasuk dalam salah satu hewan molusca dengan ciri khas selalu membawa cangkangnya kemana pun hewan tersebut pergi. Cangkang ini berfungsi sebagai tempat tinggal dan juga pertahanan diri.

Bekicot dianggap sebagai hewan yang menjijikkan karena banyaknya lendir yang menutupi sekujur tubuhnya. Pada jaman dahulu, keberadaan bekicot ini sering dijauhi oleh manusia, karena lendir yang dimiliki dan juga sifat hamanya yang merugikan para petani.

Akan tetapi, sekarang bekicot justru banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan dan bahan makanan. Bekicot juga terbukti efektif dijadikan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit berbahaya.

Berikut ini beberapa fakta unik tentang bekicot yang belum banyak diketahui, dirangkum dari berbagai sumber.’

  • Bekicot berhibernasi pada musim dingin dan panas

Bekicot akan melakukan tidur panjang (hibernasi), baik pada musim dingin maupun di musim panas. Ketika musim dingin, bekicot akan melapisi tubuhnya dengan lendir, sedangkan jika cuaca panas tiba, mereka akan menyimpan lemak untuk bertahan hidup di musim kemarau.

  • Bekicot adalah hewan pembawa parasit berbahaya bagi manusia

Bekicot merupakan hewan pembawa parasit yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia. Beberapa jenis bekicot akan membawa parasit cacing yang mampu bertahan hidup pada tubuh manusia dan menyebabkan penyakit radang otak (meningitis).

  • Bekicot pada awalnya berasal dari Afrika

Bekicot merupakan hewan yang asli Afrika, tepatnya Afrika Timur. Penyebaran hewan ini hingga sampai ke wilayah Indonesia kemungkinan melalui kapal-kapal perdagangan, karena bekicot sangat menyukai tempat-tempat lembab, seperti halnya permukaan kayu kapal.

  • Bekicot memiliki gigi dengan jumlah ribuan

Seekor bekicot memiliki kurang lebih 14.000 gigi yang berukuran kecil. Gigi-gigi tersebut digunakan untuk mengunyah makanannya menjadi berukuran lebih halus sehingga mudah dicerna.

  • Bekicot takut dengan garam

Apabila terganggu dengan keberadaan bekicot di rumah, maka Anda dapat menaburkan garam pada tubuhnya. Bekicot akan mati jika ditaburi garam karena tubuhnya tidak mampu memproses zat-zata yang terkandung dalam garam, sehingga menyebabkannya mati.

  • Bekicot adalah hewan yang jalannya paling lambat 

Bekicot merupakan hewan yang jalannya paling lambat di antara hewan darat lainnya di dunia. Bekicot hanya memiliki kecepatan berjalan sektar 1,3 cm per detik. Akan tetapi, pergerakan beikicot salah berjalan cukup konstan dan stabil.

  • Bekicot merupakan hewan hermaprodit

Bekicot memiliki dua alat kelamin dalam tubuhnya, sehingga disebut sebagai hewan hermaprodit. Meskipun demikian, ternyata bekicot tidak bisa bereproduksi sendiri. Hewan ini harus melakukan perkawinan dengan bekicot lainnya, sehingga akan menghasilkan bati-bayi bekicot masing-masing.

  • Bekicot adalah hewan nocturnal

Bekicot merupakan hewan yang aktif pada malam hari atau hewan nocturnal. Hewan ini akan mencari makan pada malam hari dan di siang hari, bekicot lebih senang berada di dalam cangkangnya. Bekicot mudah ditemukan di siang hari saat cuaca mendung atau di tempat-tempat terlindung dari sinar matahari.

  • Sungut bekicot berfungsi sebagai antena

Dua pasang tentakel atau sungut pada bekicot ternyata berfungsi sebagai indra penglihatan dan penciuman. Sepasang sungut atas berfungsi sebagai penglihatan, sedangkan sungut yang bawah untuk organ penciuman. Siput darat, seperti halnya bekicot, tidak dapat mendengar.

  • Kelangsungan hidup bekicot tergantung kelembaban lingkungan

Seperti halanya siput yang lain, bekicot akan mampy bertahan hidup jika berada di lingkungan yang kelembabannya tinggi. Apabila mereka tidak mencapatkan cairan dari lingkungan sekitarnya, maka bekicot akan mati karena tubuhnya mengalami kekeringan.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan Fakta Unik tentang Bekicot yang Belum Banyak Diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan