Fakta Unik Tentang Ayam Cemani Dengan Segudang Cerita Mistisnya

Fakta Unik Tentang Ayam Cemani Dengan Segudang Cerita Mistisnya

Amongguru.com. Ayam Cemani termasuk jenis ayam yang unik. Keunikan Cemani terletak pada sekujur tubuhnya yang terbalut warna hitam, bahkan sampai ke daging dan darahnya.

Cemani adalah ayam lokal asli dari Indonesia. Kata “Cemani” berasal dari bahasa Sansekerta, yang artinya hitam legam, sesuai ciri fisik dari ayam tersebut.

Ayam Cemani juga sering dikaitkan dengan kejadian-kejadian mistik, karena dianggap memiliki kekuatan magis.

Karena keunikannya tersebut, tidak heran jika harga jual ayam Cemani tergolong mahal. Menjadi suatu kebanggaan apabila seorang bisa memiliki jenis ayam ini.

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang ayam cemani dengan segudang cerita mistisnya.

1. Memiliki warna hitam yang sempurna

Ayam Cemani mempunyai warna hitam yang sangat sempurna hingga mencapai 100 persen. Kondisi yang langka inilah menjadikan Cemani memiliki nilai estetika yang tinggi sebagai ayam hias.

Warna hitam pada cemani ini tidak hanya pada bagian luar fisiknya saja, akan tetapi sampai pada daging, tulang, darah, dan bagian dalam tubuhnya.

2. Warna hitam karena kelainan genetik

Menurut hasil penelitian, warna hitam ayam Cemani merupakan akibat kelainan genetik yang disebut fibromelanosis. Kondisi ini menyebabkan mutasi sel yang diketahui berfungsi di sel tubuh ayam tersebut.

Mutasi gen yang membuat lapisan sel epidemis diseluruh badan tubuh ayam Cemani menghasilkan warna (pigmen) hitam.

Ayam Cemani yang sudah berusia dewasa, jumlah gennya meningkat lebih dari sepuluh kali dibandingkan dengan ayam biasa.

3. Sudah Terkenal Sejak Jaman Majapahit

Menurut legenda, ayam Cemani sudah terkenal sejak abad ke 15 pada masa keemasan Kerajaan Majapahit.

Pemilik pertama ayam Cemani adalah seorang pertapa yang bernama Ki Ageng Mangkuhan. Menurut kisahnya, ayam milik Ki Ageng Mangkuhan dahulu memiliki paruh berwarna putih dan suatu ketika digunakan untuk mengobati anak pejabat daerah tersebut.

Karena keberhasilannya mengobati anak pejabat tadi, akhirnya ayam tersebut dikembangbiakan dengan cara dikawinkan sesama ayam berwarna hitam lainnya.

Akan tetapi, anehnya anak ayam yang dihasilkannya malah berwarna hitam legam dan paruh yang berwarna hitam juga.

Akhirnya, ayam tersebut diberi nama “Cemani” yang berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam.

4. Diyakini membawa keberuntungan

Ada sebuah mitos yang membuat ayam Cemani banyak dicari, selain cerita mistisnya. Mitos tersebut adalah jika memiliki ayam Cemani, maka kehidupan pemiliknya akan selalu mendapatkan keberuntungan. Mitos inilah yang menjadikan harga ayam Cemani menjadi semakin mahal.

5. Digunakan Sebagai Pelengkap Upacara Adat

Ayam Cemani sering digunakan untuk pelengkap beberapa ritual upacara adat. Dipilihnya Cemani untuk upacara adat ini karena ayam tersebut dipercaya memiliki kekuatan mistis yang bisa menolak perbuatan jahat.

Ayam Cemani dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kekuatan magisnya yaitu Cemani Widitra, Warastratama, dan Kaikayi.

Cemani Widitra diyakini mempunyai kekuatan gendam asmara dan penolak bala. Cemani Warastratama digunakan sebagai pelengkap upacara adat. Sedangkan Cemani Kaikayi dipercaya dapat menangkal santet.

6. Telur ayam Cemani Berwarna Putih

Meskipun sekujur tubuhnya dan organ dalamnya berwarna hitam legam, ternyata telur ayam Cemani berwarna putih dengan beberapa bintik merah mudah. Hal inilah yang masih menjadi misterius sampai sekarang.

Pada saat disinari lampu senter, bagian dalam telur ayam Cemani terlihat hampir sama dengan telur ayam pada umumnya.

Warna hitamnya baru akan muncul setelah embrio ayam ini muncul, sebagai pertanda bahwa telur ayam tersebut subur dan dapat menetas.

Menurut perkiraan para ilmuwan, warna telur yang putih itu muncuk akibat proses mutasi fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam tersebut yang tidak menular terhadap cangkang telur.

Baca juga :

Dengan demikian, cangkang telur ayam Cemani yang terbuat dari kristal kalsium karbonat tetap berwarna putih, sama seperti cangkang telur ayam jenis lainnya..

Mungkin hal ini diakibatkan cangkang telur terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama dengan semua jenis ayam.

Demikian fakta unik tentang Cemani, ayam dengan segudang cerita mistis. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan