Fakta Unik Telstar 18 Bola Resmi Piala Dunia 2018 Rusia

Fakta Unik Telstar 18 Bola Resmi Piala Dunia 2018 Rusia

Amongguru.com. Setiap perhelatan Piala Dunia, selalu menghadirkan bola yang didesain secara khusus dengan disertai peningkatan teknologi dalam pembuatannya.

Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia mulai dari tanggal 14 Juni sampai dengan 15 Juli 2018 secara resmi menggunakan bola yang diberi nama Telstar 18.

Untuk lebih mengetahui tentang Telstar 18 sebagai bola Piala Dunia, berikut ini adalah beberapa fakta unik Telstar 18 bola resmi Piala Dunia 2018 Rusia.

1. Bola Telstar 18 Merupakan Pembaharuan dari Telstar Tahun 1970 dan 1974

Penggunaan nama Telstar 18 sebagai bola resmi Piala Dunia 2018 bertujuan untuk mengenang jasa Telstar sebagai bola resmi pertama Piala Dunia. Telstar 18 berarti bintang televisi di tahun 2018.

Bola Telstar 18, modelnya merupakan pembaharuan dari ikon bola yang digunakan pada Piala Dunia 1970 di Meksiko dengan nama Telstar dan bola Piala Dunia 1974 di Jerman yang diberi nama Telstar Durlast.

Bola Telstar menjadi pionir revolusi bentuk bola sepak modern, dengan sentuhan warna hitam putih dan menghadirkan desain serta inovasi baru berbeda dengan bola-bola di tahun 60-an.

Selain itu, 32 panel pada bola Telstar yang terdiri dari 12 pentagonal hitam dan 20 panel heksagonal putih menjadi standar pembuatan bola hingga saat ini.

2. Telstar 18 Dibuat dan Dikembangkan Adidas Selama Tiga Tahun.

Adidas sebagai perusahaan olahraga dari Jerman, kembali dipercaya untuk membuat bola Piala Dunia 2018 yang diberi nama Telstar 18.

Adidas menghabiskan waktu sekitar tiga tahun untuk mengembangkan pembuatan bola Piala Dunia 2018 dengan harapan bola tersebut dapat menjadi pelengkap permainan sepakbola secara lebih baik lagi.

Ketebalan setiap panel bola Piala Dunia 2018 dibuat dengan sangat teliti sehingga memungkinkan bola tetap bergulir sekalipun di area yang penuh kubangan air.

3. Telstar 18 Melewati Uji Coba yang Sangat Rumit sebagai Bola Piala Dunia

Adidas tidak hanya detail dalam mendesain dan membuat bola Piala Dunia 2018, akan tetapi juga melakukan serangkaian uji coba yang rumit terhadap bola tersebut.

Telstar 18 sudah melewati uji terowongan udara di Loughborough University demi memastikan teknologi dapat bekerja pada bola.

Bola Telstar 18 juga telah melewati tes yang dilakukan oleh robot mesin penendang di markas Adidas, Jerman. Bola berhasil ditendang hingga mencapai kecepatan 145 km/jam.

4.  Telstar 18 Merupakan Bola Piala Dunia yang Pertama Kali Menggunakan Teknologi NFC 

Telstar 18 adalah bola resmi Piala Dunia yang pertama kali menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Di dalamnya tertanam chip NFC yang biasa digunakan dalam ponsel pintar.

Chip tersebut terpasang di bagian atas bola, tepatnya di bawah simbol Wifi kecil. Selain dapat dikoneksikan dengan ponsel pintar, teknologi NFC juga memungkinkan kecepatan dan lintasan bola dapat dilacak dan dianalisa dengan cepat.

Teknologi NFC dapat menampilkan perincian spesifik tiap bola, akan tetapi tidak dapat digunakan untuk mengukur kekuatan tendangan, lengkungan, serta kecepatan umpan.

5. Bola Telstar 18 Lebih Stabil Dalam Pergerakan

Hasil uji coba Telstar 18 menunjukkan bahwa pada saat bola disepak di atas kecepatan 90 kilometer/jam akan memberikan efek melambat delapan sampai 10 persen dibanding Brazuca (bola Piala Dunia 2014).

Efek uji coba ini cukup merugikan bagi striker, karena mengharuskan mereka untuk lebih kuat lagi dalam menendang. Sebaliknya, penjaga gawang lebih diuntungkan dari efek tersebut, karena bola yang ditendang pada kecepatan tinggi akan sedikit melambat ketika sampai di gawang.

Bola Telstar 18 juga memiliki stabilitas gerakan yang melebihi bola-bola sebelumnya. Pada situasi set-piece, seperti tendangan bebas, sepak pojok, dan tendangan jarak menengah, hasilnya menjadi lebih efektif.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik Telstar 18 Bola Resmi Piala Dunia 2018 Rusia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan