Fakta Unik Seputar Cumi-cumi yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Unik Seputar Cumi-cumi yang Perlu Anda Ketahui.

Cumi-cumi merupakan hewan laut yang masuk dalam filum molusca dan kelas cephalopoda. Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti “kaki kepala“. Hal ini dikarenakan hewan yang termasuk dalam kelompok cephalopoda memiliki kaki terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepalanya.

Cumi-cumi termasuk ke dalam hewan tidak bertulang belakang atau invertebrata. Cumi-cumi banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai makanan, karena memiliki kandungan protein yang tinggi.

Cumi-cumi jenis kecil tidak akan mengganggu manusia, akan tetapi cumi-cumi jenis besar dapat menjadi ancaman yang berbahaya untuk manusia ketika sedang menyelam.

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik seputar cumi-cumi yang perlu Anda ketahui.

  • Seluruh cumi-cumi memiliki tubuh yang berbentuk pipa, kepala yang berkembang sempurna, dan sepuluh tangan yang panjang yang bermangkuk penghisap. Tangan-tangan tersebut berguna untuk menjerat mangsa kemudian mangsa akan disobek menggunakan rahangnya yang kuat.

Fakta Unik Seputar Cumi-cumi yang Perlu Anda Ketahui

  • Cumi-cumi akan menghisap air melalui rongga pusat tubuhnya, rongga mantel, dan memaksanya keluar melalui suatu pembuluh lentur yang disebut sifon.
  • Cumi-cumi dapat mengubah warna tubuhnya dari coklat menjadi ungu, merah, atau kuning sebagai kamuflase agar terhindar dari ancaman pemangsanya.

  • Cumi-cumi bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia karena kandungan gizinya yang baik, yaitu selenium, riboflavin, dan vitamin B 12. Tinta pada cumi-cumi juga dapat digunakan untuk mencegah kanker.
  • Cumi-cumi akan mengeluarkan tinta hitam saat sedang dikejar pemangsa. Tinta hitam cumi-cumi mirip seperti awan hitam yang ada di dalam air, sehingga sangat sulit untuk pemangsa dapat melihat cumi-cumi.

  • Heteroteuthis adalah jenis cumi-cumi yang mampu memancarkan cahaya. Organ yang digunakan untuk memancarkan cahaya ini terletak pada ujung suatu juluran panjang yang menonjol di depan. Hal tersebut dikarenakan peristiwa luminasi yang terjadi pada cumi-cumi jenis ini.
  • Pada umumnya cumi-cumi biasa hanya berukuran sekitar 20 – 40 cm, akan tetapi jenis cumi-cumi Architeuthis princeps merupakan cumi-cumi raksasa yang berukuran hingga lebih dari 15 m dengan lebar 6 – 7 meter.
  • Ommastrephes bartrami merupakan jenis cumi-cumi terbang yang sering melompat keluar dari air, terutama saat cuaca buruk, dan kadang terdampar di atas dek kapal nelayan.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik Seputar Cumi-cumi yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan