Fakta Unik Seputar Buang Angin (Kentut) Untuk Anda Ketahui

Fakta Unik Seputar Buang Angin (Kentut) Untuk Anda Ketahui 

Amongguru.com. Kentut atau buang angin merupakan suatu siklus alami yang terjadi dalam tubuh dan harus dikeluarkan.

Berbicara tentang kentut mungkin menjadi hal yang memalukan. Tetapi, tahukah Anda bahwa kentut dapat mencegah terjadinya gangguan lambung hingga kanker.

Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak di dalam tubuh. Udara tersebut dapat masuk pada saat kita sedang makan, minum, berbicara, atau menguap. Udara tersebut akan dibawa oleh darah dan merembes ke dalam usus.

Adanya tekanan dalam perut menyebabkan udara tersebut keluar melalui anus. Bunyi yang dihasilkan dari keluarnya udara dari anus ini yang sering diistilahkan dengan kentut.

Berikut ini beberapa fakta unik seputar buang angin (kentut) untuk Anda ketahui yang dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta 1

Gas kentut terdiri dari 59% nitrogen, 21% hidrogen, 9%karbon dioksida, 7% metana dan 4% oksigen. Hanya sekitar satu% dari kentut mengandung gas sulfur yang membuat kentut berbau busuk.

Fakta 2

Orang akan mengeluarkan kentut rata-rata 14 kali dalam sehari dan kentut diproduksi sekitar setengah liter per hari.

Fakta 3

Beberapa bakteri menghasilkan metana atau hidrogen sulfida yang dapat menambah bau khas kentut. Gas metana lebih banyak dihasilkan oleh bakteri E. coli dalam usus pencernaan.

Fakta 4

Suara kentut biasanya terjadi karena getaran rektum. Kenyaringan suara kentut tergantung pada pada kekuatan sfingter (cincin otot lurik yang mengelilingi kanal anus) serta tekanan di balik gas yang akan dikeluarkan.

Fakta 5

Kecepatan gas yang keluar pada saat kentut adalah 3 meter per detik dengan waktu hanya 10-15 detik saja. Itulah sebabnya, bau kentut lebih cepat menghilang.

Fakta 6

Menahan kentut justru akan menimbulkan masalah di lambung dan ketidaknyamanan perut, karena kentut adalah proses alami dari sistem pencernaan.

Fakta 7

Di Cina, jika kentut Anda berbau busuk menandakan bahwa Anda profesional. Bahkan, Roma kuno, Kaisar Claudius pernah mengesahkan undang-undang yang menyatakan kentut dapat diterima saat perjamuan.

Fakta 8

Gas metana dan hidrogen yang dikeluarkan saat kentut memiliki sifat mudah terbakar.

Fakta 9

Sampai tiga jam setelah tubuh mati, gas akan keluar melalui kedua ujung saluran pencernaan, sehingga mayat juga bisa mengeluarkan suara kentut.

Fakta 10

Penyelam tidak akan bisa kentut saat menyelam pada kedalaman lebih dari 10 meter.

Fakta 11

Rayap adalah produsen kentut terbesar di dunia.

Fakta 12

Suhu kentut gas pada saat terbentuk adalah sekitar 37 derajat Celcius.

Fakta 13

Kelebihan gas di dalam perut secara medis disebut dengan perut kembung.

Fakta Unik Seputar Buang Angin (Kentut) Untuk Anda Ketahui

Baca juga :

Demikian Fakta Unik Seputar Buang Angin (Kentut) Untuk Anda Ketahui. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan