Fakta Unik Mengapa Gugup Dapat Mengakibatkan Perut Mulas

Amongguru.com. Fakta Unik Mengapa Gugup Dapat Mengakibatkan Perut Menjadi Mulas.

Rasa panik atau gugup pasti pernah dirasakan oleh seseorang yang dalam kondisi stress terhadap situasi atau keadaan tertentu.

Gugup juga dapat dipicu oleh tekanan dari lingkungan sekitar, sehingga seseorang tidak mampu lagi menguasai diri sendiri atau mengontrol emosinya.

Dampak fisik dari gugup adalah munculnya sakit perut atau rasa mulas pada bagian perut secara tiba-tiba. Di dalam istilah medis, kondisi ini dinamakan perut gugup (nervous stomatch). Dinamai perut gugup karena bersumber dari gangguan perut akibat stress atau gugup. Gugup dapat dialami oleh siapa saja, baik oleh dewasa maupun anak-anak.

Fakta Unik Mengapa Gugup Dapat Mengakibatkan Perut Mulas

Otak berinteraksi dengan seluruh organ tubuh melalui sistem saraf , dimana masing-masing sistem saraf tersebut saling memiliki beberapa komponen utama. Salah satu komponen utama sistem saraf adalah sistem saraf enterik. Sistem saraf enterik bertugas untuk membantu mengatur proses pencernaan.

Pada saat tubuh mengalami gugup atau panik, maka proses pencernaan akan melambat atau bahkan berhenti sama sekali. Kondisi ini mengakibatkan tubuh memfokuskan seluruh energi internalnya untuk menghadapi ancaman atau gangguan psikologis berupa rasa gugup tersebut.

Ketika kita merasakan gugup atau panik, maka proses gangguan pencernaan pun terjadi. Otak secara otomatis akan banyak melepaskan senyawa asam ke dalam perut kita, sehingga perut terasa kembung, perih, dan mendadak mulas. Gangguan proses pencernaan akibat meningkatnya asam lambung inilah yang selanjutnya dinamakan dengan perut gugup.

Perut gugup merupakan salah satu bentuk psikosomatis, yaitu penyakit fisik yang gejalanya disebabkan oleh gangguan psikis atau beban pikiran. Gejala psikosomatis pun bervariasi, seperti tiba-tiba perut menjadi mulas, keluar keringat dingin, gatal-gatal, dan alergi. Kondisi ini sebagai respon otak karena terlalu terbebani.

Cara Mengatasi Perut Gugup (Nervous Stomatch)

Perut gugup disebabkan oleh gangguan mental, yaitu rasa panik atau gugup sehingga terjadi gangguan pada bagian perut. Cara mengatasinya adalah dengan menghilangkan perasaan panik atau gugup tersebut.

Gugup biasanya disebabkan oleh rasa takut yang berlebihan atau terlalu berpikir negatif. Sehingga, menghindari pikiran negatif dan kekhawatiran dapat mengurangi gugup.

Menyelesaikan permasalahan adalah cara lain yang dapat ditempuh untuk mengatasi kondisi gugup. Seseorang harus dapat mengatasi penyebab stress atau gugup yang ada pada dirinya untuk menghindari psikosomatis yang berkepanjangan.

Upaya yang lainnya dalam mengurangi gugup, yaitu dengan meningkatkan rasa percaya diri. Pada umumnya, psikosomatis itu terjadi karena kita merasa tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri, sehingga yang muncul dalam pikiran adalah rasa khawatir dan gugup.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik Mengapa Gugup Dapat Mengakibatkan Perut Menjadi Mulas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan