Fakta Unik Dibalik Kekuatan Sengatan Belut Listrik yang Mematikan

Amongguru.com. Fakta Unik Dibalik Kekuatan Sengatan Belut Listrik yang Mematikan.

Setiap hewan memiliki keunikan dan karakteristik sendiri-sendiri yang menarik untuk dipelajari. Keunikan dan ciri khas tersebut menjadikan hewan tertentu menjadi mudah dikenali, salah satunya adalah belut listrik.

Belut listrik memiliki nama ilmiah Electrophorus electricus.  Belut listrik berasal dari daratan Amerika Selatan yang penyebarannya sampai saat ini belum begitu luas. Hewan ini sering dijumpai di sungai Amazon dan Orinoco.

Belut listrik mampu tumbuh hingga panjang mencapai 2,5 meter dan berat 20 kg. Akan tetapi pada umumnya belut listrik memiliki panjang sekitar 1 meter.

Sesuai dengan namanya, belut listrik merupakan ikan air tawar yang mampu menghasilkan, mengatur, dan menggunakan potensi arus listrik dari dalam tubuhnya sendiri. Aliran listrik ini digunakan berburu mangsa atau membela diri.

Fakta Unik Dibalik Kekuatan Sengatan Belut Listrik yang Mematikan

Fakta Unik Dibalik Kekuatan Sengatan Belut Listrik yang Mematikan

Berdasarkan hasil penelitian, belut listrik ternyata mampu mengeluarkan aliran listrik hingga mencapai 600 volt. Kekuatan listrik sebesar itu tentu sangat mematikan, bahkan bisa membunuh manusia. Hal inilah yang menjadikan alasan bahwa hewan ini cukup ditakuti, tidak hanya oleh hewan lain tapi juga manusia.

Hanya dengan sekali sengatan dari tubuhnya, belut listrik akan mampu melumpuhkan seekor buaya besar. Buaya akan bergetar sangat hebat akibat sengatan listrik yang besar dan mematikan yang dihasilkan oleh belut listrik.

Bentuk tubuh belut listrik adalah unik, karena hampir 7/8 bagian tubuhnya berupa ekor. Pada bagian ekor inilah terdapat baterai-baterai kecil berupa lempengan-lempengan kecil yang tersusun horizontal dan vertikal bernama electrocytes.

Baterai-bateri tersebut mampu menyimpan listrik yang layaknya baterai biologis mini dengan jumlah sangat banyak, lebih dari 5.000 buah. Pada saat menghadapi ancaman atau melumpuhkan mangsa, sel-sel segera melepas muatan listrik dalam waktu bersamaan.

Sebenarnya, tegangan listrik tiap baterai mini pada belut listrik tidaklah besar. Akan tetapi, apabila semua elemen baterai dihubungkan secara seri, maka akan diperoleh tegangan listrik sekitar 600 volt. Anda bandingkan dengan satu buah batu baterai yang memiliki tegangan 1,5 volt.

Ujung ekor belut bertindak sebagai kutub positif baterai dan ujung kepalanya bertindak sebagai kutub negatif. Belut listrik dapat mengatur hubungan antara baterai kecil dalam tubuhnya tersebut untuk mendapat tegangan listrik kecil dan tegangan listrik besar.

Belut listrik mampu mengubah muatan listrik yang da di dalam tubuhnya pada saat dirinya sedang bernavigasi atau terancapm. Pada saat navigas, belut listrik hanya mengeluarkan sedikit muatan listrik.

Ketika berhadapan dengan musuh atau mangsanya, maka belut listrik akan mengeluarkan tegangan listrik semaksimal mungkin dengan cara menempelkan kepala dan ekornya pada tubuh musuh atau mangsanya tersebut. Sengatan listrik ini dengan segera akan dapat melumpuhkan bahkan membunuh seketika.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik Dibalik Kekuatan Sengatan Belut Listrik yang Mematikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan