Fakta Unik dan Menarik tentang Tsunami yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik tentang Tsunami yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Kata “tsunami” berasa dari bahasa Jepang, yang artinya gelombang pelabuhan.

Tsunami adalah bencana alam yang perlu diwaspadai, karena tidak sedikit korban jiwa yang diakibatkan oleh bencana ini.

Sayangnya, bencana tsunami sering terjadi secara tiba-tiba, sehingga sulit untuk memprediksi secara cepat dan cepat. Upaya mitigasi terhadap bencana ini menjadi kurang optimal karena kendala tersebut.

Tsunami merupakan serangkaian gelombang air besar yang disebabkan oleh letusan gunung berapi atau gempa bawah laut atau tanah longsor atau dampak dari meteoroid atau jenis ledakan bawah air.

Rangkaian gelombang tsunami juga dikenal sebagai kereta gelombang dan waktu antara dua gelombang dapat berkisar antara beberapa menit dan beberapa jam.

Berikut ini adalah fakta unik dan menarik tentang tsunami yang perlu Anda ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta Unik dan Menarik tentang Tsunami yang Perlu Anda Ketahui

Fakta 1

Gempa Bumi baru bisa memicu terjadinya tsunami apabila menyebabkan pergerakan di dasar laut yang mengakibatkan pergerakan air secara tiba-tiba dalam jumlah yang banyak.

Fakta 2

Biasanya gelombang pertama tsunami bukanlah yang paling merusak. Gelombang ke-5 atau ke-6 lah yang paling kuat yang memiliki kemampuan untuk menghancurkan banyak wilayah.

Fakta 3

Sebagian besar tsunami disebabkan oleh gempa bumi bawah laut. Sebuah gempa bumi bisa menyebabkan tsunami, apabila memiliki kekuatan yang cukup dan berada di kedalaman air yang memadai.

Fakta 4

Orang pertama yang berhubungan dengan tsunami untuk gempa bumi bawah laut adalah sejarawan Yunani kuno, Thucydides, pada tahun 426 M dalam bukunya ‘History of the Peloponnesian War’.

Fakta 5

Sekitar 80 persen dari seluruh tsunami terjadi di wilayah Samudera Pasifik.

Fakta 7

Amplitudo (tinggi gelombang) dari tsunami sedikitnya tiga meter di laut terbuka, sedangkan panjang gelombang (jarak antara dua puncak) sepanjang 120 mil. Pada titik ini Tsunami akan mencapai kecepatan lebih dari 500 mph.

Fakta 8

Ketika tsunami mencapai air dangkal, gelombang akan mengecil dan melambat, serta menjadikan panjang gelombang pendek, akan tetapi amplitudonya menjadi lebih tinggi.

Fakta 9

Kecepatan tsunami dapat mencapai 800 kilometer per jam, melintasi lautan tanpa terdeteksi selama sehari atau kurang.

Ilmuwan hanya bisa mendeteksi waktu tiba tsunami dengan memperhitungkan kedalaman air, jarak, dan kejadian yang memicu tsunami.

Fakta 10

Beberapa ilmuwan pernah menemukan bukti bahwa beberapa tsunami besar terjadi akibat tumbukan asteorid.

Bahkan begitu besarnya tsunami tersebut, hanya gunung tertinggi 3,5 miliar tahun yang lalu yang selamat dan kehidupan pada waktu itu hampir punah.

Fakta 11

Gelombang tsunami dapat melintasi samudra tanpa kehilangan energi. Gelombang tsunami yang dipicu gempa di Aceh pada tahun 2004 bergerak sejauh 5.000 kilometer sampai Afrika dengan tenaga yang cukup untuk menghancurkan gedung dan membunuh puluhan ribu manusia.

Fakta 12

Bahaya tsunami dapat terjadi dalam waktu beberapa jam setelah gelombang pertama. Gelombang tsunami lain datang dalam waktu 5 menit hingga 1 jam.

Baca juga :

Demikian fakta unik dan menarik tentang tsunami yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan