Fakta Unik dan Menarik tentang Trenggiling Untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menarik tentang Trenggiling Untuk Anda Ketahui.

Trenggiling (Manis javanica) merupakan mamalia dari ordo Pholidota. Trenggiling juga sering disebut sebagai pemakan semut yang bersisik, karena hewan ini sering memakan semut dan juga rayap.

Trenggiling akan menjulurkan lidahnya untuk menangkap semut-semut yang berkeliaran hingga sepertiga dari panjang tubuhnya.

Trenggiling adalah salah satu hewan Indonesia yang terancam mengalami kepunahan. Habitat trenggiling di Indonesia ada di pulau Sumatera, pulau Jawa, pulau Kalimantan, dan pulau Nusa Tenggara.

Penyebaran trenggiling di dunia tidaklah begitu luas, karena jumlah spesiesnya yang tidak banyak, yaitu hanya 8 spesies.

Dari 8 spesies tersebut, 4 spesies tersebar di wilayah benua Asia, sedangkan 4 spesies lainnya berada di benua Afrika. Trenggiling dapat dijumpai di daerah hutan hujan tropis yang ada di dataran rendah.

Dari 8 spesies Trenggiling yang ada, 4 di antaranya berada di benua Asia, sedangkan 4 spesies lainnya tersebar di benua Afrika. Mereka hidup di daerah hutan hujan Tropis yang berada di dataran rendah.

Keempat spesies Trenggiling yang berada di Indonesia merupakan trenggiling yang tergolong dalam genus Manis, sedangkan trenggiling yang hidup di benua Afrika terdiri dari dua genus Smutsla dan dua genus Phataginus.

Mengenal lebih jauh tentang trenggiling adalah penting agar kita bersama-sama dapat menjaga hewan ini dari kepunahan, baik akibat seleksi alam maupun perburuan manusia.

Berikut ini fakta unik dan menarik tentang trenggiling untuk Anda ketahui yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Trenggiling mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang hingga mencapai 1 meter. Seluruh tubuhnya diselimuti oleh rambut yang trmodifikasi menjai sisik-sisik keras untuk melindungi diri.
  • Trenggiling akan menggulungkan tubuh panjangnya sampai terlihat membulat seperti bola ketika dalam keadaan bahaya. Sisik-sisik keras pada tubuhnya juga akan melindungi seluruh bagian tubuh yang menggulung tersebut.

  • Trenggiling pernah erat dikaitkan sebagai makhluk jelmaan setan dan keberadaannya sebagai pertanda sesuatu buruk akan terjadi. Mitos tersebut muncul skitar tahun 1960 sampai dengan tahun 1980.
  • Trenggiling mempunyai lidah yang panjangnya melebihi dari ukuran badannya itu sendiri. Itulah sebabnya, trenggiling mampu menangkap semut dan serangga lainnya dari jarak yang cukup jauh hanya dengan menjulurkan lidahnya.
  • Berdasarkan hasil penelitian, trenggiling mampu mengkonsumsi semut dalam jumlah 70 juta semut tiap satu tahun.
  • Trenggiling akan menandai wilayah kekuasaan mereka dengan air kencing, tinja, dan sekresi yang sudah tercampur dengan kelenjar khusus.

Fakta Unik dan Menarik tentang Trenggiling Untuk Anda Ketahui

  • Sisik trenggiling yang keras terbuat dari bahan keratin, sama seperti kuku yang dimiliki manusia, sebuah protein yang sama dengan cula badak, gigi paus balin, dan cakar beruang.
  • Istilah “trenggiling” berasal dari bahasa Malaysia, yaitu “pengguling” yang berarti sesuatu yang dapat berguling atau digulingkan.
  • Trenggiling akan memanfaatkan indra penciumannya untuk berburu sarang semut dan rayap, karena hewan ini memiliki pendengaran dan penglihatan yang buruk. Melalui cakarnya yang kuat, trenggiling mampu merombak dan menghancurkan sarang semut atau sarang rayap.
  • Beberapa spesies trenggiling, misalnya trenggiling ekor panjang akan menggunakan ekornya untuk memanjat pohon dan bergantung di dahan pohon.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik tentang Trenggiling Untuk Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan