Fakta Unik dan Menarik Tentang Kumbang Yang Wajib Anda Baca

Fakta Unik dan Menarik Tentang Kumbang Yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Kumbang (Coleoptera) merupakan jenis serangga yang sering dianggap sebagai hama tanaman. Akan tetapi, tidak semua kumbang merupakan hama perusak tanaman.

Ada juga beberapa jenis kumbang yang justru membantu penyerbukan tumbuhan. Kumbang memiliki bentuk tubuh yang unik dan mempunyai kemampuan terbang sebagaimana serangga lainnya.

Kumbang dikenal sebagai serangga sayap berlapis. Hal ini disebabkan kumbang memiliki dua pasang sayap yang saling mengeras.

Pasangan sayap atas akan melindungi pasangan sayap di bawahnya dan juga melindungi tubuh kumbang itu sendiri.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kumbang, berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang kumbang yang wajib Anda baca.

  • Spesies kumbang banyak

Fakta Unik dan Menarik Tentang Kumbang Yang Wajib Anda Baca

Kumbang memiliki sekitar 350.000 spesies yang tersebar di seluruh belahan dunia, kecuali di kutub dan laut. Kumbang banyak ditemukan di kebun maupun hutan, bahkan pada air tawar.

  • Kumbang kotoran hanya memakan feses

Kumbang kotoran tidak akan makan apa pun kecuali feses atau kotoran yang menyediakan nutrisi bagi mereka. Sebagian besar kumbang kotoran akan memakan kotoran herbivora (pemakan tumbuhan).

  • Kumbang berperan dalam menjaga ekosistem bumi

 

Kumbang memiliki peranan penting penting dalam menjaga ekosistem bumi. Kumbang adalah pendaur ulang nutrisi alam dan biasanya dilakukan oleh kumbang kotoran.

  • Kumbang kotoran salah satu hewan terkuat di dunia

Kumbang kotoran memiliki kemampuan membawa beban 50 kali beban tubuh mereka sendiri, sehingga disebut sebagai salah satu hewan terkuat di dunia.

  • Kumbang memiliki cara bertahan hidup yang unik

 

Sayap keras yang dimiliki kumbang selain untuk terbang juga sebagai pelindung tubuh dari serangan musuh dan cuaca yang ekstrim.

Untuk mengelabuhi musuhnya agar seolah-olah terlihat mati, maka kumbang akan membalikkan tubuh dan menarik kakinya ke dalam.

Ada juga larva kumbang kentang yang menutupi tubuh dengan kotoran beracunnya sendiri supaya bertahan hidup.

  • Kumbang mengalami siklus metamorfosis yang sempurna

Kumbang mengalami metamorfosis sempurna karena siklus hidupnya dimulai dari telur yang menjadi larva, kemudian pupa, dan berkembang menjadi kumbang dewasa.

Kumbang yang bertelur pada pohon sagu akan membentuk larva yang dikenal sebagai ulat sagu, yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

  • Kumbang memiliki corak warna yang unik dan beragam

Kumbang mempunyai keunikan corak warna tubuh dan beragam sesuai jenis spesiesnya. Bahkan, kumbang tanduk merupakan salah satu jenis kumbang yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena keunikan tanduk dan warnanya.

  • Spesies kumbang terbesar di dunia

Goliath adalah jenis kumbang terbesar di dunia yang memiliki berat hingga 3,5 ons dan panjang sekuar 11 cm. Besarnya kumbang ini kurang lebih sebesar kepalan tangan.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Tentang Kumbang Yang Wajib Anda Baca. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan