Fakta Unik dan Menarik Tentang Kuda Nil Yang Perlu Anda Baca

Fakta Unik dan Menarik Tentang Kuda Nil Yang Perlu Anda Baca

Amongguru.com. Kuda Nil (Hippopotamus amphibiusmerupakan salah satu hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Kuda Nil memiliki ciri tubuh yang besar dan berat dengan kulit berwana gelap kelabu. Kuda Nil juga memiliki gading besar yang biasa digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh.

Ciri lainnya dari Kuda Nil adalah mulut dan giginya yang sangat besar, empat kaki berukuran pendek dan gemuk, serta badan yang hampir tidak berambut. Kuda Nil memiliki watak agresif dan dianggap salah satu hewan paling berbahaya di Afrika.

Kuda nil tinggal di Afrika sub sahara. Mereka tinggal di dan dekat air tawar, seperti danau dan sungai. Kira-kira terdapat 125 ribu hingga 150 ribu Kuda Nil di Afrika, dan yang terbanyak berada di Zambia dan Tanzania.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kuda Nil, berikut ini fakta unik dan menarik tentang Kuda Nil yang perlu Anda baca, dihimpun dari berbagai sumber.

Fakta Unik 1

  • Kuda Nil mampu berlari kencang

Kuda nil dewasa memiliki berat 1.5 sampai 3 ton. Meskipun bertubuh besar dan berkaki pendek, ternyata kuda nil mampu berlari dengan cepat.

Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya.

Fakta Unik 2

  • Kuda Nil adalah hewan pembunuh

Kuda Nil dikenal sebagai salah satu hewan paling mematikan di Afrika, meskipun secara sekilas hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda sebagai pembunuh yang kejam.

Hewan ini tercatat merupakan hewan yang senang melakukan serangan dan terlibat dalam pertempuran brutal.

Mereka dapat mematahkan dan mengigit lawan dengan gigi tajamnya yang berukuran 40 sentimeter.

Di dalam laporan BBC di tahun 2015, Kuda Nil dijuluki sebagai hewan paling berbahaya di Afrika, dan bertanggung jawab atas lebih banyak kematian manusia.

Setidaknya 500 orang di Afrika dilaporkan meninggal karena Kuda Nil setiap tahunnya. Tanpa gigitan pun, mereka dapat menimpa dan membunuh kita dengan badannya.

Fakta Unik 3

  • Kuda Nil tidak pandai berenang

Meskipun sebagai hewan yang menyukai air untuk berendam, ternyata Kuda Nil bukan perenang yang baik. Kuda Nil dapat tenggelam dan terseret arus apabila berendam di sungai yang deras.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa Kuda Nil lebih senang berendam di sungai yang dangkal dengan arus yang kecil dan tenang.

Fakta Unik 5

  • Kuda Nil tidak memiliki kelenjar keringat

Kuda Nil adalah hewan yang tidak memiliki kelenjar keringat. Akan tetapi, kulitnya mengeluarkan semacam tabir surya alami yang memiliki fungsi sama dengan keringat pada hewan lainnya.

Pigmen pada kulit Kuda Nil mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit dan juga menciptakan efek tabir surya secara alami.

Fakta Unik 6

  • Kuda Nil memiliki nafsu makan yang kecil

Meskipun dikenal bertubuh besar dan ganas dalam membunuh, Kuda Nil ternyata memiliki nafsu makan yang kecil.

Kuda Nil hanya makan 1 sampai 1,5 persen dari berat badan mereka setiap hari. Mereka bahkan mampu bertahan tanpa makan selama tiga minggu lamanya.

Fakta Unik 7

  • Kuda Nil mampu bertahan hidup puluhan tahun

Kuda Nil  mampu hidup di habitatnya dengan baik hingga usia 50 tahun, bahkan bisa lebih lama. Donna the Hippo adalah Kuda Nil tertua yang tinggal di penangkaran.

Donna tinggal di Mesker Park Zoo di Evansville, Indiana, Amerika. Donna mati pada tahun 2012 pada usia 61 tahun.

Fakta Unik 8

  • Kuda Nil aktif pada malam hari

Kuda Nil akan keluar dari air selama empat sampai lima jam di waktu malam hari. Selama waktu tersebut, Kuda Nil dapat berjalan sepanjang 10 kilometer.

Kuda nil memang herbivora dan memiliki empat bilik perut, tetapi mereka bukan pemamah sejati, seperti antelop atau sapi.

Fakta Unik 9

  • Kuda Nil menguap untuk memberi peringatan

Kuda Nil membuka mulut atau menguap bukan menguap secara harfiah. Gerakan menguap tersebut adalah sebagai peringatan untuk menandai wilayahnya.

Kuda Nil hanya menguap di air, karena mereka lebih sering menghabiskan waktu di air. Kuda Nil juga kerap mendengus untuk memberikan peringatan agar Kuda Nil lainnya tidak mendekat.

Fakta Unik 10

  • Kuda Nil membuang kotoran untuk menandai wilayahnya

Keunikan lain dari Kuda Nil adalah cara mereka dalam menandai wilayah. Kuda Nil akan membuang kotoran sebanyak mungkin di daerah yang sudah mereka kuasa.

Baca juga :

Demikian fakta unik dan menarik tentang Kuda Nil yang perlu Anda baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan