Fakta Unik dan Menarik Tentang Darah Manusia Untuk Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik Tentang Darah Manusia Untuk Anda Ketahui 

Amongguru.com. Darah merupakan komponen penting dalam tubuh manusia. Darah memiliki peran vital untuk menyalurkan nutrisi, oksigen, hormon, dan senyawa penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Proses penyaluran darah tersebut berlangsung terus menerus selama kehidupan manusia. Untuk melakukan fungsi tersebut, maka melibatkan berbagai organ dalam tubuh.

Darah adalah jaringan ikat yang berwujud cair dan tersusun atas dua komponen utama, yaitu plasma dan elemen seluler.

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang darah manusia untuk Anda ketahui.

1. Ibu hamil mengalami mengalami kenaikan volume darah

Selain mengalami kenaikan berat badan karena janin yang terus tumbuh, ibu hamil juga akan mengalami penambahan volume darah. Kenaikan volume darah ini untuk menyalurkan nutrisi dari ibu ke janin.

Diperkirakan pada masa kehamilan, seorang ibu hami akan memiliki volume darah 50% lebih banyak dari sebelum hamil. Volume maksimal ini didapat setelah kehamilan memasuki minggu ke-20.

2. Darah yang dipompa jantung jumlahnya sekitar 1,5 barel

Di dalam umur rata-rata manusia, diperkirakan terdapat sekitar 1,5 juta barel darah yang diedarkan ke seluruh tubuh dari lahir hingga meninggal.

Jantung adalah organ pemompa darah yang tak pernah berhenti bekerja selama kita hidup. Organ ini tidak lelah terus menerus membuat darah mengalir untuk mengedarkan nutrisi dan juga oksigen ke semua sel tubuh.

3. Terdapat empat jenis golongan darah utama 

Berdasarkan sistem penggolongan darah ABO, maka darah manusia dapat digolongkan menjadi empat, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O.

Pembagian ini didasarkan pada perbedaan aglutinin (antigen) pada permukaan sel darah merah (eritrosit) dan antibodi (aglutinin) dalam plasma darah.

3. Dibutuhkan 1,2 juta nyamuk untuk menghabiskan darah manusia

Volume darah tubuh manusia kurang lebih mencapai tujuh persen dari berat badannya. Rata-rata tubuh orang dewasa dengan berat 65-85 kilogram, memiliki sekitar 4,7 – 5,5 liter darah. Untuk menghabiskan jumlah darah tersebut, maka dibutuhkan 1,2 juta nyamuk.

4. Plasma darah mengandung 90 persen air 

Plasma darah adalah campuran cairan berwarna kuning pucat yang terdiri dari air (90%), protein, dan garam.

Plasma dapat disimpan dalam keadaan beku dan dapat ditransfusikan sampai satu tahun setelah dikumpulkan.

Bagian darah ini menyumbang 55 persen dari seluruh volume darah yang ada di dalam tubuh manusia.

5. Transfusi darah pertama kali

Fakta Unik dan Menarik Tentang Darah Manusia Untuk Anda Ketahui

Transfusi darah pertama kali dilakukan pada awal tahun 1667. Transfusi ini dilakukan oleh Jean Babtise dengan cara mentransfusikan 1 liter darah dari domba ke dalam tubuh seorang pemuda.

6. Fobia menyebabkan tekanan darah meningkat

Fobia merupakan bentuk rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia akan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya.

Gejala fobia akan muncul dalam bentuk tangisan atau jeritan. Hal inilah yang menjadi penyebab meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah manusia.

7. Volume darah pria lebih banyak dibanding wanita

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata volume darah pria lebih banyak dibandingkan volume darah wanita. Seorang wanita memiliki 4,5 liter darah dalam tubuhnya, sedangkan pria memiliki 5,6 liter darah.

8. Jutaan sel darah merah mati tiap detik

Sel darah merah berperan dalam menyalurkan oksigen ke seluruh sel-sel tubuh. Selain cepat diproduksi, sel darah merah juga cepat mati. Sekitar 1,2 juta sel darah merah akan mati setiap detiknya.

Baca juga :

Demikian fakta unik dan menarik tentang darah manusia untuk Anda ketahui. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan