Fakta Unik dan Menarik Tentang Bunga Anggrek Untuk Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik Tentang Bunga Anggrek Untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Anggrek yang dalam bahasa Latinnya disebut Phalaenopsis merupakan salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia.

Bunga anggrek memiliki keindahan eksotis tersendiri dengan beragam variasi jenis, bentuk, dan warna, sehingga tidak salah rasanya jika menjadikan tanaman ini sebagai penghias rumah.

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga terbesar yang ada di dunia. Tanaman ini memiliki lebih dari 30.000 spesies berbeda dan sekitar 200.000 hibrida.

Keragaman variasi ini disebabkan karena kemampuan luar biasa dari anggrek untuk beradaptasi dengan lingkungan yang diberikan.

Banyak varietas ini memungkinkan anggrek dapat berkembang dalam berbagai kondisi pertumbuhan yang berbeda.

Pada jaman dahulu, bunga anggrek bahkan dijadikan sebagai simbol kesuburan dan kejantanan.

Seperti tanaman lainnya, tanaman anggrek juga terdiri atas akar, batang, daun, bunga dan buah. Perbedaan tanaman anggrek dengan tanaman lainnya terdapat pada bentuk bunganya.

Bunga pada tanaman anggrek umumnya memiliki tiga buah daun kelopak bunga (spalum). Satu buah sepalum yang terletak di punggung dinamakan daun kelopak punggung (sepalum dorsal). Dua lainnya dinamakan daun kelopak samping (sepala literalia).

Daun mahkota atau petala pada tanaman anggrek berjumlah dua. Letak antara petala berseling dengan sepala, dimana antara kedua petala tersebut terdapat bagian yang dinamakan petalum atau bibir bunga.

Pada pusat bunga terdapat suatu alat yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan betina, yang menjadi satu bagian.

Berikut ini adalah bebeerapa fakta unik dan menarik tentang bunga anggrek untuk Anda ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta 1

Anggrek adalah bunga tertua di muka bumi. Terdapat banyak fakta yang menunjukkan bahwa bunga anggrek sudah ada sebelum terjadinya pemisahan benua secara alami.

Fakta 2

Ketika mekar pertama kali, bunga anggrek akan memiliki warna lebih indah dan cerah. Setelah itu, bunga anggrek akan sering mekar pada musim-musim tertentu. Bunga anggrek biasanya akan mekar selama enam hingga sepuluh minggu.

Fakta 3

Meskipun dianggap tanaman tropis, nyatanya anggrek dapat tumbuh di semua  benua. Anggrek mampu hidup dengan baik pada seluruh benua yang kemudian memiliki warna serta makna berbeda-beda sesuai budaya masyarakat sekitar.

Fakta 4

Spesies bunga anggrek empat kali lebih banyak dari jumlah spesies burung dan empat kali lebih banyak daripada spesies manusia.

Hal ini dikarenakan banyaknya varian dari persilangan beberapa jenis anggrek, sehingga menghasilkan spesies baru.

Fakta 5

Setiap bunga anggrek memiliki simetris bilateral, yang artinya dapat dibagi menjadi dua bagian yang sama persis.

Fakta 6

Ukuran, bentuk, dan tekstur daun anggrek bergantung pada habitat. Anggrek yang hidup di iklim kering memiliki daun tebal yang ditutupi dengan lilin,.

Spesies anggrek yang hidup di daerah yang hangat dan lembab memiliki daun tipis memanjang. Spesies anggrek tertentu tidak memiliki daun sama sekali.

Fakta 7

Tanaman anggrek memiliki cara hidup yang beragam. Anggrek dapat hidup di tanah (bentuk terestrial), melekat pada tanaman berkayu (tipe epifit), atau hidup di bawah tanah.

Fakta Unik dan Menarik Tentang Bunga Anggrek Untuk Anda Ketahui

Fakta 8

Spesies anggrek tertentu bersifat parasit. Mereka tidak mampu menghasilkan makanan sendiri melalui fotosintesis dan memperoleh makanan dari jamur yang hidup di dalam akarnya.

Fakta 9

Bunga anggrek dapat bertahan hidup dari beberapa jam hingga 6 bulan, tergantung spesiesnya. Ada bunga anggrek hanya dapat mekar dalam beberapa jam saja, akan tetapi ada juga spesies bunga anggrek yang dapat mekar selama bertahun-tahun.

Fakta 10

Ukuran benih anggrek sangat kecil seperti debu dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop.

Beberapa hal penyebab kecilnya benih bunga anggrek karena tidak adanya endosprem dan nutrisi didalamnya. Benih bunga anggrek baru bisa tumbuh menjadi kecambah setelah ada kontak dengan jamur.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian Fakta Unik dan Menarik Tentang Bunga Anggrek Untuk Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan