Fakta Unik dan Menarik Tentang Air Hujan Saat Turun Ke Bumi

Fakta Unik dan Menarik Tentang Air Hujan Saat Turun Ke Bumi

Amongguru.com. Hujan adalah peristiwa alam yang biasa terjadi sebagai suatu siklus air di bumi.

Air hujan memiliki banyak manfaat, diantaranya menurunkan suhu bumi dan juga menyuburkan tanaman.

Hujan merupakan simbol keseimbangan alam, bahkan hujan dapat membawa seseorang pada suasana hati yang berbeda-beda, baik senang maupun sedih.

Air hujan memiliki beberapa fakta unik untuk dipelajari. Berikut ini adalah fakta unik dan menarik tentang air hujan saat turun ke bumi.

1. Bentuk hujan berubah dari kristal menjadi titik-titik air

Pada saat berada di atas, komponen hujan masih dalam bentuk es atau kristal. Akan tetapi setelah turun ke bumi, berubah bentuk menjadi titik-titik air.

Hal ini terjadi jika suhu udaradi bumi tinggi, maka es atau salju yang terbentuk mencair menjadi air. Apabila suhu udara di bumi sangat rendah, maka akan tetap akan turun sebagai salju berbentuk kristal.

2. Tetesan air hujan turun dengan kecepatan 8 km/jam

Tetesan air hujan yang jatuh ke bumi memiliki kecepatan rata-rata sebesar 8 – 10 km/jam dengan kecepatan maksimal mencapai 22 mil per jam atau sekitar 35 km/jam.

Kecepatan turunnya air hujan ini dipengaruhi oleh kecepatan angin dan juga kondisi cuaca suatu daerah.

3. Lebih dari 16 juta ton air menjadi bahan hujan tiap detik

Diameter setiap tetesan air hujan memiliki variasi ukuran antara 0,02 – 0,031 inci. Setiap detik terdapat kurang lebih 16 juta ton air yang menguap dari permukaan bumi untuk bahan hujan.

Jumlah tersebut akan turun lagi ke bumi dalam bentuk air hujan setiap detiknya dengan volume yang sama.

4. Bentuk air hujan berubah setiap detik

Bentuk air hujan akan berubah hingga ratusan kali dalam satu detik, biasanya terlihat hampir bulat. Jika semakin besar, maka bentuk air hujan akan menjadi semakin ceper.

Bentuk khusus ini juga akan meningkatkan efek gesekan dengan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan lebih rendah.

5. Aroma khas air hujan karena senyawa petrichor

Setiap kali turun hujan, maka sering tercium aroma khas air hujan. Aroma alami bumi yang tercium setiap kali setelah turun hujan sebenarnya merupakan aroma senyawa yang disebut petrichor yang dikeluarkan oleh tanah dan rerumputan.

6. Air hujan mampu menghipnotis

Berdasarkan penelitian, air hujan memiliki kemampuan menghipnotis seseorang. Hujan mampu meresonansikan ingatan masa lalu manusia, sehingga tidak jarang seseorang tiba-tiba mendapatkan inspirasi pada saat hujan turun.

7. Rintik hujan menciptakan nada indah

Rintik-rintik hujan dapat membentuk nada-nada indah yang dinamakan pitter. Pitter merupakan suara derai air hujan dipermukaan bumi yang dapat digunakan sebagai terapi dan relaksasi.

Itulah sebabnya setiap kita mendengarkan bunyi tetesan air hujan, hati kita terasa tenang dan terasa menyatu dengan alam.

Demikian ulasan Fakta Unik dan Menarik Tentang Air Hujan Saat Turun Ke Bumi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan