Fakta Unik dan Menarik Seputar Zebra yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menarik Seputar Zebra yang Perlu Anda Ketahui.

Zebra merupakan mamalia yang memiliki ciri khas bentuk tubuh menyerupai kuda dengan bulu berpola garis hitam dan putih.

Habitat zebra tersebar dari Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Terdapat tiga jenis zebra, yaitu zebra gunung (Equus zebra), zebra primitif (Equus grevyi), dan  zebra daratan (Equus quagga).

Zebra mampu hidup di alam bebas selama kurang lebih 25 tahun dan memiliki tinggi tubuh sekitar 1,5 meter dengan bobot mencapai 450 kilogram.

Berikut ini fakta unik dan menarik seputar zebra yang perlu Anda ketahui.

  • Warna belang pada tubuh zebra untuk mengelabuhi musuh

Belang-belang pada tubuh zebra digunakan untuk mengelabuhi musuh (kamuflase), sehingga dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator.

Warna belang pada zebra dapat membingungkan predator dan mampu menyamarkan bentuk asli zebra. Pada saat zebra bergerak, pola pada tubuh zebra dapat lebih membingungkan lagi untuk hewan lain yang melihatnya.

  • Zebra adalah hewan yang sangat peduli terhadap sesamanya

Zebra dikenal sebagai hewan pemberani dan peduli terhadap keutuhan anggota kelompok mereka. Pada saat ada anggota kelompok yang terluka akibat serangan predator, maka zebra lain akan segera membentuk pertahanan dengan cara memutari zebra yang terluka dan mencoba mendorong predator untuk pergi.

  • Induk betina zebra adalah ibu yang sangat protektif

Induk betina zebra sangat peduli dan melindungi terhadap bayinya. Zebra betina akan melahirkan satu anak, yang hampir langsung dapat berdiri dan berlari sekitar satu jam setelah dilahirkan. Bayi zebra juga akan terus meminum susu ibu mereka selama satu tahun pertama.

Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar zebra akan dekat dengan ibu mereka, akan tetapi ada juga zebra jantan yang membentuk ikatan kuat dengan ayah mereka.

  • Zebra memiliki jiwa sosial yang tinggi

Zebra memiliki kebiasan hidup berkoloni, sehingga lebih memilih untuk merumput bersama-sama dan berkumpul satu sama lain. Zebra tidak akan tidur dalam kondisi sendiri. Mereka akan akan tidur didalam kelompoknya, sehingga dapat lebih berhati-hati ketika ada predator datang.

  • Zebra berkomunikasi melalui berbagai ekspresi tubuh

Zebra melakukan komunikasi melalui berbagai ekspresi tubuh. Zebra mampu memutar telinga mereka ke segala arah dan memanfaatkannya untuk mengkomunikasikan suasan hatinya.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Zebra yang Perlu Anda Ketahui

Ketika dalam keadaan marah, maka zebra akan menarik telinganya mudur dan pada saat suasana tenang, mereka akan menegakkan telinga.

  • Zebra memiliki kecepatan berlari yang tinggi 
Zebra memiliki kemampuan berlari yang prima, hingga mencapai kecepatan 65 km/jam. Zebra juga mampu berlari dengan gerakan zig zag untuk menghidari predator yang mengejar mereka.
  • Zebra memiliki pendengaran dan penglihatan yang baik

Zebra mempunyai pendengaran dan juga penglihatan yang baik untuk membantunya mengetahui keberadaan predator, seperti singa, cheetah, dan hyne, meskipun dari jarak cukup jauh.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Seputar Zebra yang Perlu Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan