Fakta Unik dan Menarik Seputar Terjadinya Cegukan

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menarik Seputar Terjadinya Cegukan

Anda tentu pernah mengalami yang namanya cegukan. Cegukan merupakan hal yang normal dan dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun bayi sekali pun. Karena terjadinya di luar kemauan dan  tidak dapat dikontrol, maka cegukan seringkali mengganggu aktivitas fisik seseorang.

Cegukan (hiccups) yang dalam bahasa medisnya disebut singultus merupakan kontraksi diafragma karena mengalami kejang. Diafragma adalah otot di dasar paru-paru, sekat yang membatasi antara rongga dada dengan rongga perut.

Kekejangan pada diafragma tersebut menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara cegukan (hik.. hik..). Suara cegukan ini akan terjadi secara berulang-ulang setiap

Fakta Unik dan Menarik Seputar Terjadinya Cegukan
Fakta Unik dan Menarik Seputar Terjadinya Cegukan

Ketika adanya sebuah rangsangan dengan tiba-tiba dan kuat, maka organ-organ tubuh akan melibatkan saraf frenikus, yaitu saraf yang merangsang kontraksi

Pada saat otor diafragma berkontraksi, maka udara yang masuk ke dalam paru-paru akan langsung dikeluarkan dengan segera dan tiba-tiba. Udara yang dikeluarkn tersebut kemudian akan membentur katup saluran pernapasan (epiglotis) yang tertutup, sehingga hal inilah yang akan membuat seseorang cegukan.

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik seputar terjadinya cegukan untuk Anda Ketahui yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Meskipun cegukan dapat dialami oleh siapa saja, tetapi berdasarkan hasil penelitian, sebanyak  82% peristiwa cegukan dialami oleh laki-laki.
  2. Di masyarakat Jawa cegukan yang dialami anak kecil konon menjadi penanda bahwa si anak akan segera cepat besar dan juga cepat tinggi. Ini disebabkan karena suara cegukan seolah menarik badan si anak agar bergerak memanjang dan membesarkan badannya.
  3. Orang-orang di India percaya bahwa cegukan akan muncul ketika seseorang mengingat mereka. Jadi, ketika seseorang mengalami serangan cegukan, mereka berpikir bahwa ada seorang teman atau anggota keluarga yang berpikir tentang dirinya.
  4. Cegukan juga dapat terjadi ketika seseorang mengalami perubahan emosi atau  jika tubuh tiba-tiba mengalami perubahan suhu udara. Pada dua kasus ini, cegukan adalah hasil dari hambatan pada saraf,  sehingga dapat membahayakan dan memicu terjadinya serangan jantung.
  5. Meningkatkan kadar karbon dioksida dalam darah dapat melumpuhkan cegukan. Caranya dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang.
  6. Cegukan menetap atau permanen bisa menjadi pertanda bahwa terdapat masalah yang cukup serius dalam tubuh, seperti halnya masalah pada perut, penyakit ginjal, hati, tumor pada batang otak, infeksi pada saraf pusat, atau gejala stroke.
  7. Mengkonsumsi sesendok gula, madu, atau es krim, dapat mengganggu kontraksi diafragma sehingga meredakan cegukan. Makan selai kacang juga dapat menghentikan cegukan ,karena selai kacang begitu lengket, sehingga dapat mengubah irama napas.

Baca juga :

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Seputar Terjadinya Cegukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan