Fakta Unik dan Menarik Seputar Piala Dunia Sepanjang Sejarah

Fakta Unik dan Menarik Seputar Piala Dunia Sepanjang Sejarah

Amongguru.com. Perhelatan Piala Dunia menjadi ajang pertandingan olahraga sepakbola bergengsi sejagat raya.

Seluruh perhatian pecinta bola tercurah pada pertandingan sepakbola antar berbagai negara tersebut.

Masing-masing pecinta bola akan memfavoritkan tim kesayangan mereka. Inilah yang menjadikan pertandingan sepakbola pada Piala Dunia selalu ramai dilihat oleh jutaan bahkan milyaran orang.

Seperti halnya pelaksanaan Piala Dunia sebelumnya, euforia Piala Dunia 2018 sudah terasa dan terlihat dimana-mana.

Piala Dunia 2018 dihelat pada tanggal 14 Juni sampai dengan 15 Juli 2018. Rusia terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2018.

Sebanyak 32 negara dipastikan akan bertanding memperebutkan tahta tertinggi juara dunia sepakbola tahun 2018.

Piala Dunia 2018 merupakan Piala Dunia yang ke – 21 sejak pertama kali kejuaraan sepakbola dunia tersebut digelar.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Piala Dunia Sepanjang Sejarah

Di dalam menyambut Piala Dunia 2018, berikut ini adalah fakta unik dan menarik seputar Piala Dunia sepanjang sejarah yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Ditonton lebih hampir separuh jumlah penduduk dunia

Piala Dunia dapat dikatakan sebagai pertandingan olahraga yang selalu paling banyak menyedot jumlah penonton.

Berdasarkan data dari Federation of International Football Association (FIFA), kurang lebih 3,2 milyar penduduk dunia menonton pertandingan Piala Dunia.

Apabila jumlah penduduk dunia sekitar 7 milyar jiwa, ini artinya hampir separuh penduduk dunia akan menonton ajang Piala Dunia ini.

Dari 3,2 milyar penonton bola tersebut, sekitar 2 milyar penduduk menonton setiap pertandingan Piala Dunia dalam durasi waktu lebih dari 30 menit.

2. Ledakan Jumlah Penduduk Negara Tuan Rumah

Fakta menarik lainnya dari perhelatan Piala Dunia adalah kecenderungan meningkatnya jumlah penduduk negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Data menunjukkan bahwa sekitar sembilan bulan setelah Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2006, penduduk Jerman bertambah lebih dari 10 persen.

Peningkatan hormon kesuburan diduga karena euforia dan konsumsi bir selama pelaksanaan Piala Dunia, sehingga memicu terjadinya ledakan jumlah penduduk tuan rumah Piala Dunia.

Baca juga : Fakta Unik Telstar 18, Bola Resmi Piala Dunia 2018 Rusia.

3. Jutaan Botol Bir Terjual Selama Penyelenggaraan Piala Dunia

Piala Dunia membawa berkah tersendiri bagi penjual minuman bir. Jutaan botol bir akan terjual laris selama perhelatan akbar tersebut berlangsung.

Seperti halnya pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, lebih dari tiga juta bir terjual di sekitar stadion pertandingan.

4. Tim-tim Eropa Mendominasi Final Piala Dunia

Sesuai catatan pertandingan, selama 19 kali pelaksanaan Piala Dunia, tim-tim negara Eropa berhasil masuk ke babak final sebanyak 17 kali atau sekitar 89,50 persen.

Dari 17 pertandingan final tersebut, 11 di antaranya berhasil dimenangkan oleh tim-tim Eropa dan sisanya dimenangkan negara-negara Amerika Selatan.

5. Semua Timnas Mendapatkan Hadiah Dalam Piala Dunia

Uniknya, pada setiap ajang Piala Dunia, semua timnas, baik yang menang maupun kalah akan mendapatkan hadiah, tentu dengan nominal yang tidak sama.

Pemenang pertama ajang Piala Dunia berhak membawa pulang tropi Piala Dunia dan uang sebesa5 35 juta US Dollar. Pemenang kedua akan mendapatkan hadiah uang sebesar 25 juta US Dollar.

Sedangkan bagi timnas yang masuk dalam 32 besar, masing-masing akan memperoleh hadiah uang sebanyak 8 juta US Dollar.

6. Indonesia Negara Asia Pertama yang Tampil di Piala Dunia

Indonesia merupakan negara Asia Pertama yang ikut dalam ajang Piala Dunia tahun 1938 dengan nama Hindia Belanda.

Sedangkan Mesir adalah negara pertama dari benua Afrika yang tampil pada Piala Dunia tahun 1934 di Italia.

7.  Piala Dunia 2014 di Brasil Merupakan Piala Dunia Termahal

Piala Dunia 2014 di Brasil menjadi piala dunia paling mahal sepanjang sejarah. Brasil telah menghabiskan anggaran lebih dari 15 milyar US Dollar untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2014.

Piala dunia sebelumnya di Afrika Selatan (Piala Dunia 2010) hanya menghabiskan biaya sekitar 4 milyar US Dollar.

Hebatnya lagi, anggaran yang dikeluarkan Brasil tersebut telah mampu meningkatkan pendapatan per kapita penduduknya sebesar 0,4% selama lima tahun setelah Piala Dunia 2014 selesai diselenggarakan.

8. Brasil Negara yang Memenangkan Piala Dunia Paling Banyak

Dari sebanyak 20 kali penyelenggaraan Piala Dunia, Brasil menjadi negara yang mengumpulkan tropi Piala Dunia paling banyak.

Brasil telah memenangkan Piala Dunia sebanyak 5 kali dari periode tahun 1958 sampai dengan tahun 2002. Sedangkan Italia, telah berhasil memenangkan Piala Dunia sebanyak 4 kali, dan disusul oleh Jerman sebanyak 3 kali.

9.  Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Piala Dunia

Gol terbanyak dalam satu pertandingan Piala Dunia ditorehkan oleh striker timnas Rusia, Oleg Salenko. Oleg Salenko berhasil memasukkan 5 gol dalam satu pertandingan saat menghadapi Kamerun pada fase grup Piala Dunia 1994.

Oleg Salenko

Golnya tersebut sekaligus menghantarkan Rusia memenangi pertandingan dengan skor akhir 5 – 1.

Sedangkan striker timnas Brasil, Ronaldo, dan striker Jerman, Miraslov Klose, menjadi top skorer sepanjang sejarah Piala Dunia.

Ronaldo

 

Miraslov Klose

10. Gol terbanyak dan Tercepat Piala Dunia

Gol terbanyak dalam pertandingan Piala Dunia diraih oleh Timnas Hungaria. Hungaria dalam Piala Dunia 1982 telah membantai El Savador dengan skor telak 10 – 1.

Sedangkan gol tercepat  terjadi pada Piala Dunia 2002 yang dicetak oleh striker Turki, Hasan Sukur. Hasan Sukur  berhasil mencetak gol hanya 11 detik sejak peluit kick-off ditiup.

Hasan Sukur

Demikian beberapa fakta unik dan menarik seputar Piala Dunia sepanjang sejarah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan