Fakta Unik dan Menarik Seputar Orangutan yang Perlu Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik Seputar Orangutan yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Orangutan adalah satu-satunya dari anggota keluarga kera besar yang hanya ditemukan di Asia. Kera besar lainnya, seperti simpanse dan gorilla berada di benua Afrika.

Terdapat tiga jenis spesies orangutan, yaitu orangutan Borneo (Pongo pygmaeus) tersebar di seluruh pulau Kalimantan dan Malaysia (Sabah dan Sarawak), orangutan Sumatera (Pongo abelii) yang berada di pulau Sumatra, dan orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) asli dari Tapanuli Selatan.

Berikut ini adalah beberapa fakta unik dan menarik seputar orangutan yang perlu Anda ketahui.

1. Orangutan sangat suka tidur

Orangutan adalah hewan yang senang menghabiskan waktu untuk tidur di atas pohon. Orangutan akan tidur sepanjang malam hingga pagi dan dilanjutkan tidur siang di sela-sela waktu aktivitas siang mereka.

Saat hendak tidur, orangutan akan menata dedaunan dan ranting-ranting pohon utuk membuat tidur mereka nyaman. Orangutan membuat sarang sekitar dua atau tiga kali dalam sehari dengan lebar kira-kira satu meter.

Mereka membuat sarang di pagi hari untuk beristirahat dan bermain. Orangutan betina juga membuat sarang untuk melahirkan.

2. Orangutan senang menjelajah 

Orangutan liar jarang sekali bermain di atas tanah, hal yang sama juga terjadi dengan orangutan yang sudah tinggal di kebun binatang. Menurut hasil penelitian, orangutan dewasa betina memiliki daerah jelajah sejauh 916 meter per hari di dalam area seluas 12,5 hektar.

Sedangkan seekor orangutan jantan dewasa menjelajah sejauh 651 meter per hari di area seluas 46 hektar.

Terdapat dua hal yang mempengaruhi variasi jarak jelajah dan daerah jelajah orangutan, yaitu ketersediaan makanan dan interaksi sosial.

3. Orangutan bukan monyet

Kita sering bingung membedakan antara orangutan dengan monyet. Orangutan bukan masuk dalam kategori monyet.

Salah satu ciri yang membedakan adalah orangutan tidak memiliki ekor panjang seperti yang  dimiliki monyet. Orangutan masuk dalam keluarga kera besar seperti gorilla, simpanse dan lutung.

Dalam bahasa Inggris, keluarga primata yang masuk ke jenis monyet disebut dengan monkey, dan keluarga primata yang masuk ke jenis kera, disebut dengan ape.

4. Makanan kesukaan orangutan adalah buah

Sekitar 60 persen makanan orangutan adalah buah-buahan, sedangkan sisanya dapat berupa daun muda, bunga, kulit pohon, dan serangga kecil.

Lebih dari 100 jenis buah biasanya sudah menjadi menu makanan mereka dari satu area jelajah. Orangutan perlu mengandalkan makanan lain selain buah, selama tidak ada musim buah dan sekaligus menyimpan cadangan lemak untuk membantu mereka melewati masa krisis buah.

5. Populasi orangutan semakin menurun dengan cepat

Fakta Unik dan Menarik Seputar Orangutan yang Perlu Anda Ketahui
Fakta Unik dan Menarik Seputar Orangutan yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, tercatat bahwa populasi orangutan  mengalami penurunan dengan sangat signifikan. Faktor-faktor penyebabnya antara lain  konversi hutan, menjadi lahan perkebunan sawit dan lahan pertanian.

Selain itu, penurunan populasi orangutan juga diakibatkan oleh pembalakan liar serta perburuan mereka untuk diperdagangkan menjadi hewan peliaraan.

Sekitar sepertiga orangutan ditemukan di hutan konservasi dan sisanya berada di bawah ancaman berat. Mereka diklasifikasikan sebagai Terancam Punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam dan Sumber Daya Alam (IUCN).

6. Orangutan senang hidup berkoloni

Orangutan senang hidup secara mengelompok (koloni). Ikatan batin yang paling kuat dimiliki oleh orangutan adalah ikatan antara ibu dengan bayinya.

Induk orangutan betina biasanya hidup berkelompok, dan membiarkan bayi-bayi mereka bermain dan belajar bersama.

Sementara itu, orangutan jantan akan meninggalkan induknya untuk mencegah perkawinan sedarah dan menjadi dewasa secara seksual pada usia sekitar 15 tahun.

7. Jarak kelahiran bayi orangutan mencapai tujuh tahun

Orangutan betina akan melahirkan satu bayi sekali setelah mengandung selama 8,5 bulan, dan tidak akan memiliki bayi lagi hingga bayi pertamanya mencapai usia 7 tahun.

Periode tersebut adalah jarak antar kelahiran terpanjang dalam dunia hewan dan memungkinkan induknya untuk memberikan perhatian penuh pada sang bayi dengan mengajarkan keterampilan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan mandiri.

Bayi orangutan akan tetap tinggal dengan induknya untuk mendapatkan perlindungan dan mempelajari kehidupan di hutan, terutama untuk mengetahui di mana semua sumber pakan penting ada, sampai tiba saatnya meninggalkan induknya.

8. Orangutan mampu mengatasi masalah dengan cepat

Orangutan merupakan hewan yang sangat cerdas. Mereka dapat memanfaatkan hal-hal di lingkungan sekitarnya untuk peralatan dan obat-obatan. Populasi orangutan yang berbeda bisa menunjukkan perilaku unik dalam mengatasi masalah yang sama dengan cara yang berbeda.

Orangutan belajar dari orangutan lain dan biasanya mereka akan membagi keterampilannya sendiri saat mereka bertemu, terutama saat ketersediaan pakan tinggi.

Pada pusat rehabilitasi, dimana ketersediaan pakan tidak terbatas, orangutan dapat dengan cepat mengembangkan dan berbagi keterampilan, seperti memancing, berenang dengan menggunakan pelampung atau penggunaan alat untuk akses makanan secara efisien.

9. Orangutan membuat long call untuk menarik perhatian lawan jenis

Orangutan dewasa berusia antara 18 dan 20 tahun. Orangutan jantan yang sudah dewasa akan mampu mengembangkan karakteristik seksual sekunder mereka yang berupa bantalan pipi dan kantung suara, untuk membuat long call.

Cara ini mereka gunakan untuk menarik perhatian para betina dan memberi peringatan kepada orangutan jantan lainnya. Orangutan jantan juga saling berkompetisi untuk menjadi dominan dikelompoknya.

Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Seputar Orangutan yang Perlu Anda Ketahui . Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan