Fakta Unik dan Menarik Seputar Kelinci yang Wajib Anda Baca

Fakta Unik dan Menarik Seputar Kelinci yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Siapa yang tidak kenal dengan kelinci? Hampir semua orang mengenal hewan lucu berbulu indah ini. Kelinci merupakan mamalia yang berasal dari keluarga Leporidae.

Secara umum, kelinci dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kelinci hias dan kelinci bebas. Jika dilihat dari bulunya, maka kelinci dibedakan menjadi kelinci berbulu panjang dan kelinci berbulu pendek.

Karena tingkahnya yang lucu ditambah bulunya yang tebal dan halus, maka tidak sedikit orang memelihara kelinci sebagai hewan hias di rumahnya.

Kelinci juga banyak diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya. Daging kelinci terkenal dengan rasanya yang khas dan gurih, serta tekstur dagingnya yang empuk.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang hewan ini, berikut fakta unik dan menarik seputar kelinci yang wajib Anda baca.

  • Kata “kelinci” berasal dari bahasa Belanda, “konijntje”, yang artinya anak kelinci. Kelinci dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia pada tahun 1835 dan dijadikan sebagai hewan hias.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Kelinci yang Wajib Anda Baca

  • Kelinci bukanlah hewan pengerat. Meskipun memiliki gigi yang identik dengan hewan pengerat, kenyataannya kelinci termasuk dalam ordo Lagomorpha dan bukan ordo Rodensia.

  • Gigi kelinci akan terus tumbuh dan memanjang. Apabila giginya tidak tanggal, maka gigi kelinci dapat menjulur keluar menyerupai kuku.

  • Kelinci memiliki pendengaran yang sangat tajam. Karena pendengarannya yang tajam inilah, maka kelinci tidak perlu memutarkan kepala ke belakang untuk mengetahui apa yang ada di belakangnya.

  • Kelinci mampu melahirkan 20 sampai dengan 40 ekor anak kelinci setiap tahun. Kelinci memiliki kemampuan bereproduksi yang tinggi, sehingga dapat diternakkan dalam waktu cepat.

  • Kelinci memiliki kemampuan mengunyah yang luar biasa. Hewan ini mampu mengunyah makanan selama 120 kali hanya dalam waktu satu menit.

  • Bagian tubuh kelinci yang paling sensitif adalah telinga. Kelinci dapat mengalami stress jika Anda menarik telinganya dengan kuat. Telinga kelinci juga dapat berfungsi sebagai pengatur panas tubuhnya saat memasuki musim dingin.

  • Kelinci memiliki harapan hidup sekitar 10 tahun jika dipelihara dengan baik, khususnya pada makanan, kandang, dan juga perawatan terhadap penyakit yang menyerangnya.

  • Kelinci mampu menirukan suara kucing. Tidak hanya identik dengan bulunya yang tebal, kelinci juga ternyata memiliki kemampuan untuk menirukan suara dari kucing.

  • Kelinci hanya menyusui anaknya selama lima menit setiap hari. Seperti halnya hewan mamalia lainnya, induk kelinci juga akan menyusui anak-anaknya, tetapi hanya dalam waktu lima menit sehari.

  • Terdapat sekitar 45 jenis kelinci yang tersebar di seluruh dunia. Semua jenis kelinci tersebut merupakan hasil dari persilangan yang bertujuan untuk menghasilkan banyak daging dalam waktu yang cepat.

  • Kelinci rentan terkenan osteoporosis. Seperti halnya manusia, kelinci juga beresiko terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis jika kurang gerak. Kelinci harus bergerak sekitar 4 jam per hari agar terhindar dari osteoporosis.

  • Kelinci akan melakukan perkawinan pada suhu dingin. Waktu yang paling baik untuk melakukan perkawinan kelinci adalah pada saat suhu udara masih dingin, yaitu sekitar jam 6 – 8 pagi atau jam 6 – 8 malam.

  • Cara memegang kelinci harus erat dan hati-hati, karena kelinci sering berontak jika tidak merasa nyaman. Kelinci muda dapat dipegang langsung pada pinggangnya erat-erat. Kelinci dewasa dipegang dengan cara memegang kulit bagian kuduk dengan tangan kanan dan pada saat yang bersamaan tangan bagian kiri menyangga badan.

Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Seputar Kelinci yang Wajib Anda Baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan