Fakta Unik dan Menarik Seputar Kalajengking Hewan Serangga Berbisa

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menarik Seputar Kalajengking Hewan Serangga Berbisa.

Kalajengking merupakan hewan serangga beruas dengan jumlah kaki delapan (Oktopoda) dan masuk dalam kelas Arachnida. Kalajengking termasuk dalam ordo Scorpionase dan berkerabat dekat dengan ketonggeng, laba-laba, caplak, serta tungau.

Di dunia ini, terdapat kurang lebih dua ribu spesies kalajengking dan semua spesies tersebut adalah berbisa. Bahkan sekitar 50 spesies diantaranya memiliki racun yang dapat membunuh manusia. Racun kalajengking merupakan salah ancaman bagi orang-orang di sekitarnya.

Kalajengking bisa ditemukan di bawah batuan, di bawah daun, atau pada daerah bangunan yang telah lama ditinggalkan ketika siang hari. Apabila tidak berhati-hati, hewan ini bisa ditemukan bersembunyi di dekat pakaian, sepatu, maupun tempat tidur kita.

Berikut ini adalah fakta unik dan menarik seputar kalajengking hewan serangga berbisa untuk Anda ketahui yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Kalajengking hanya mengkonsumsi cairan dan juga jaringan lunak dari mangsanya. Mangsa kalajengking biasanya memiliki ukuran tubuh lebih besar, agar kaajengking tidak perlu keluar mencari makanan setiap malam.

  • Kalajengking betina akan mengandung telur dalam waktu satu tahun. Selanjutnya setelah waktu satu tahun, anak-anak kalajengking akan lahir dengan jumlah beragam hingga jumlahnya mencapai ratusan. Proses kelahirannya pun dapat berlangsung selama beberapa hari.
  • Di dalam mendeteksi lokasi mangsanya, kalajengking dibekali kemampuan mengendus. Selain menggunakan penciuman, kalajengking juga mendeteksi lokasi mangsa dengan memanfaatkan getaran dari tanah.

  • Fosil kalajengking pertama yang pertama diperkirakan hidup sekitar 400 milyar tahun yang lalu. Bentuk dari fosil ini tidak jauh berbeda dengan bentuknya pada  saat ini. Ukuran terbesar dari fosil yang pernah ditemukan memiliki panjang sebesar 2,8 meter.
  • Kalajengking merupakan hewan purba yang memiliki kemampuan luar biasa untuk bertahan hidup dan mampu melewati proses seleksi alam bahkan dari radiasi senjata nuklir.
  • Racun kalajengking yang mematikan biasanya dimiliki oleh serangga yang memiliki ukuran kecil hingga medium. Kalajengking dengan ukuran kecil dan medium ini biasanya hidup di daerah yang kering. Spesies kalajengking yang paling mematikan berasal dari family buthidae dengan 500 jenis spesies dan banyak ditemukan di Afrika dan Amerika.

  • Kulit kalajengking mengandung bahan flourescent yang membuat hewan ini berubah menjadi hewan pada saat terkena sinar ultraviolet.
  • Setelah kawin, kalajengking betina akan menjadi sangat agresif. Apabila kelaparan, kalajengking betina akan memakan pasangannya dan juga anak-anaknya.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Kalajengking Hewan Serangga Berbisa

  • Kalajengking dapat dibunuh dengan cara menyiramkan air cuka ke tubuh mereka. Ketika disiram dengan air cuka, kalajengking akan marah dan menyengat dirinya sendiri.
  • Kalajengking akan menjadi hewan yang tidak aktif jika hidup pada suhu udara di atas 140 derajat celcius.

Baca juga artikel terkait berikut ini :

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Seputar Kalajengking Hewan Serangga Berbisa. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan