Fakta Unik dan Menarik Seputar Bintang Laut yang Wajib Anda Baca

Fakta Unik dan Menarik Seputar Bintang Laut yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Bintang laut adalah salah satu hewan laut invertebrata (tidak bertulang belakang).

Bintang laut memiliki bentuk tubuh yang menyerupai bintang dengan lima lengan, dimana masing-masing lengan tersebut memiliki sensor.

Hewan laut ini termasuk filum Echinodermata dan kelas Asteroidea. Meskipun tidak bertulang belakang, akan tetapi bintang laut memiliki rangka yang berfungsi sebagai perlindungan diri dan kaki-kaki bintang laut untuk merayap.

Seperti halnya hewan laut lainnya, habitat bintang laut adalah di terumbu karang dan juga pasir dasar laut.

Tubuh bintang laut pada umumnya berwarna biru, ungu, hijau tua, atau campuran antara warna-warna tersebut.

Bintang laut adalah hewan unik yang memiliki duri di permukaan tubuhnya yang halus. Makanan dari bintang laut adalah kotoran dan bangkai laut, sehingga disebut sebagai hewan destrivor.

Selain itu, bintang laut juga masih memiliki beberapa fakta unik lainnya. Berikut ini fakta unik dan menarik seputar bintang laut yang wajib Anda baca.

Fakta 1

Bintang laut merupakan hewan detrivor atau pemakan materi organik semacam kotoran dan bangkai laut.

Fakta 2

Bintang laut memiliki kemampuan autotomi atau memustuskan bagian tubuh sebagai upaya perlindungan diri. Proses pertumbuhan lengan kurang lebih membutuhkan waktu selama satu tahun.

Fakta 3

Bintang laut memiliki kemampuan regenerasi atau mampu melakukan pemulihan tubuh yang rusak dengan cepat.

Fakta 4

Tidak semua bintang laut memiliki lima lengan. Bintang matahari yang sejenis dengan bintang laut memiliki empat puluh lengan.

 

Fakta 5

Bintang laut bukan termasuk bangsa ikan,karena tidak memiliki sirip dan insang. Gerak bintang laut dengan cara menjulurkan kaki tabungnya.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Bintang Laut yang Wajib Anda Baca

Fakta 6

Terdapat lebih dari dua ribu spesies bintang laut. Masing-masing spesies berada di zona-zona tertentu, seperti zona interdial, di perairan yang dalam, perairan di daerah tropis maupun daerah yang dingin.

Fakta 7

Rentang ukuran bintang laut sekitar 4.7 inci hingga 9.4 inci. Panjangnya sekitar 12 cm sampai 24 cm dengan berat mulai dari 1 kg hingga 6 kg tentu saja dua kali lipat dari berat ayam potongan.

Fakta 8

Bintang laut tidak memiliki otak terpusat dan darah seperti kebanyakan hewan, akan tetapi memiliki sebuah sistem jaringan saraf.  Sistem saraf inilah yang akan bereaksi terhadap lingkungan di sekitar bintang laut.

Fakta 9

Bintang laut memiliki mata. Mata bintang laut terletak di ujung setiap lengannya dan terlihat hanya seperti titik merah. Mata bintang laut hanya bisa merasakan terang dan gelap.

Fakta 10

Bintang laut adalah hewan yang sangat lambat Menurut penelitian, bintang laut hanya mampu berjalan sekitar 30 cm dalam satu menit.

Fakta 11

Bintang laut memiliki usia hidup cukup panjang, sekitar 35 tahun. Karena usianya yang panjang inilah, maka banyak orang yang memelihara di akuarium.

Fakta 12

Bintang laut mempunyai cara makan yang unik. Di saat bintang laut memakan kerang, hewan ini akan membungkus lengan mereka di sekitar kerang dan membukanya. Cara makan unik ini membuat bintang laut dapat memakan mangsa yang lebih besar.

Demikian fakta unik dan menarik seputar bintang laut yang wajib Anda baca. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan