Fakta Unik dan Menarik Seputar Bakteri Untuk Anda Ketahui

Fakta Unik dan Menarik Seputar Bakteri Untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Bakteri merupakan organisme uniseluler (bersel satu) yang bersifat prokariotik atau tidak memiliki membran inti.

Organisme ini berukuran sangat kecil, sehingga hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop. Ukuran bakteri antara 0,5 sampai dengan 5 mikrometer.

Bakteri dapat ditemukan pada hampir semua tempat, baik darat, air, maupun udara. Bakteri juga dapat berkembang dengan baik dalam organisme hidup, misalnya bakteri saluran pencernaan manusia.

Bakteri bereproduksi melalui dua cara yaitu generatif (seksual) dan vegetatif (aseksual). Reproduksi seksual bakteri dilakukan dengan cara konjugasi, yaitu memindahkan DNA dari donor ke penerimanya secara langsung.

Sedangkan reproduksi secara aseksual pada bakteri dilakukan dengan cara pembelahan ganda (biner).

Pada umumnya bakteri tidak memiliki klorofil (zat hijau daun), akan tetapi ada beberapa jenis bakteri yang memiliki klorofil, sehingga dapat berfotosintesis.

Selain hal tersebut, masih ada fakta-fakta lain dari bakteri yang menarik untuk disimak. Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik seputar bakteri untuk Anda ketahui.
  • Bakteri memiliki kemampuan dalam membelah diri cukup cepat. Bakteri dapat membelah sekali dalam 20 menit, dan sekali membelah dapat menghasilkan 2 sel anakan.
  • Bakteri bergerak menggunakan bulu cambuk atau flagella yang terletak pada dinding sel. Alat gerak ini memungkinkan bakteri berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

  • Hujan asam dan rusaknya ozon disebabkan oleh senyawa dinitrogen oksida (N2O) yang diproduksi oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa, Pseudomonas stutzeri, dan Paracoccus denitrificans melalui proses denitrifikasi.
  • Jumlah bakteri yang ada pada tubuh manusia jika dikumpulkan beratnya dapat mencapai 1,8 kilogram.

  • Bau keringat sebenarnya disebabkan oleh bakteri pada kulit yang berbaur dengan keringat itu sendiri. Keringat sebenarnya tidak berbau,
  • Aroma khas dari air hujan disebabkan oleh bakteri yang bernama Actinomycetes. Bau khas dari air hujan ini yang sering membuat kita rindu untuk menghirupnya.

  • Tubuh manusia tidak ada yang sama sekali terbebas dari bakteri. Pada mulut yang bersih sekali pun, terdapat sekitar 1.000 – 100.000 bakteri di setiap gigi.
  • Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata meja kantor memiliki 400 kali lebih banyak bakteri dibandingkan toilet.
  • Bakteri yang menempel pada telepon seluler dapat mencapai jumlah 18 kali lebih banyak daripada bakteri yang ada pada toilet atau di pegangan kursi.

Fakta Unik dan Menarik Seputar Bakteri Untuk Anda Ketahui

  • Para peneliti menemukan sekitar 1.458 spesies baru bakteri yang ada di pusar manusia.
  • Coklat justru memiliki efek anti bakteri yang ada di dalam mulut. Mengonsumsi coklat mampu mengurangi jumlah bakteri di mulut.
  • Ternyata, pada saat bayi pertama kali dilahirkan ke dunia, tidak ada satu pun bakteri yang menempel di tubuhnya, Tubuh bayi yang baru lahir benar-benar steril secara alami.
Baca juga :
Demikian fakta unik dan menarik seputar bakteri untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan