Fakta Unik dan Menarik Mengenai Mata Manusia yang Wajib Anda Baca

Fakta Unik dan Menarik Mengenai Mata Manusia yang Wajib Anda Baca

Amongguru,com. Mata memiliki fungsi utama sebagai indra penglihatan. Mata adalah alat indra yang berperan dalam menerima rangsang cahaya.

Mata manusia berbentuk agak bulat dengan garis tengah sekitar 2,5 centimeter. Bola mata tersusun oleh selaput mata yang terdiri atas tiga lapisan, yaitu sklera (selaput putih), koroid (selaput hitam), dan retina (selaput jala).

Mata Sebagai Alat Indra Manusia, Pembahasan Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik mengenai mata manusia yang wajib Anda baca, dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta 1

Berdasarkan penelitian, dalam satu hari mata manusia akan berkedip sebanyak 15.000 kali. Jumlah kedipan mata manusia dapat dipengaruhi oleh usia, karena semakin tua usia, kedipan mata semakin berkurang.

Fakta 2

Berat bola mata manusia adalah setengah dari berat sebuah bola golf. Berat bola mata hanya sekitar 28 gram.

Fakta 3

Kornea adalah satu-satunya jaringan dalam tubuh manusia yang tidak mengandung pembuluh darah. Kornea merupakan penutup transparan dari iris dan pupil.

Fakta 4

Semua bayi terlahir dalam keadaan buta. Bayi yang baru lahir tidak menghasilkan air mata ketika mereka menangis.

Hal ini karena kelenjar air mata belum sepenuhnya  berkembang, sampai bayi berusia sekitar 2 sampai dengan 4 bulan.

Fakta 5

Menurut penelitian, pria lebih baik dalam hal membaca hasil cetak dibandingkan wanita.

Fakta 6

Penyakit diabetes sering di diagnosa pertama kali melalui tes mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama kebutaan mata warga Amerika adalah diabetes.

Fakta 7

Mata adalah organ tubuh yang tak dapat ditransplantasi, karena  saraf optik yang menghubungkan mata ke otak sangat rapuh. Sampai sekarang belum ada yang berhasil melakukan rekonstruksi mata.

Fakta 8

Pada jaman dahulu, para pelaut meyakini bahwa memakai anting-anting emas akan mampu meningkatkan kemampuan penglihatan mereka.

Fakta 9

Air mata berasal dari kelenjar air mata yang terletak di atas mata. Setiap kali mata berkedip, air mata keluar membasahi mata. Fungsinya agar mata tidak kering serta untuk membersihkan mata kita dari debu dan kotoran.

Fakta 10

Mata akan berair ketika kering dan otak akan segera menanggapi kekeringan tersebut dengan memproduksi air secara ekstra.

Fakta 11

Pada umumnya, orang akan membaca 25 persen lebih lambat pada layar monitor dibandingkan membaca tulisan di kertas.

Fakta 12

Kemampuan lensa mata dalam memfokuskan cahaya jauh lebih cepat daripada lensa kamera apa pun.

Fakta 13

Kornea mata hiu sangat mirip dengan kornea mata manusia, sehingga sering digunakan sebagai pengganti kornea mata manusia pada saat operasi mata.

Fakta 14

Ubur-ubur memiliki lensa mata, kornea, dan retina yang mirip dengan manusia. Akan tetapi, mata ubur-ubur tidak bisa fokus karena hanya memiliki sistem saraf cincin di sekitar mulut mereka.

Fakta 15

Mata rata-rata berkedip 12 kali dalm satu menit dan kedipan berlangsung selama satu sepersepuluh detik.

Dengan demikian, manusia akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan mata tertutup daripada yang disadari.

Fakta 16

Mata adalah organ yang paling cepat sembuh ketika mengalami luka. Goresan luka kornea yang diobati akan sembuh seperti semula hanya dalam waktu 48 jam.

Fakta 17

Mata manusia mampu mendeteksi 10 juta warna warna, tetapi tidak dapat melihat cahaya ultraviolet atau inframerah. Hal ini berbeda dengan serangga yang dapat melihat cahaya ultraviolet secara baik.

Fakta 18

Menurut penelitian, semua mata berwarna cokelat. Akan tetapi, sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu, ada perubahan terjadi di dalam tubuh manusia.

Perubahan itu menyebabkan perubahan produksi pigmen melanin. Akibatnya, terciptalah mata biru.

Fakta 19

Mata sipit terjadi karena adanya lipatan epicanthal pada kelopak mata bagian atas. Asal-usul lipatan epicanthal masih misteri.

Peneliti menduga lipatan epicanthal merupakan cara tubuh beradaptasi terhadap keadaan alam, Misalnya karena hidup di wilayah dengan sinar Matahari yang terik.

Baca juga :

Demikian fakta unik dan menarik mengenai mata manusia yang wajib Anda baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan