Fakta Unik dan Menarik Kupu-kupu Serangga Bersayap Indah

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menarik Kupu-kupu Serangga Bersayap Indah.

Siapa yang tidak dengan kupu-kupu? Ya…serangga bersayap indah ini selalu menarik untuk dilihat, baik pada saat terbang maupun hinggap di daun. Selain memiliki warna sayap yang indah dan menark, ternyata kupu-kupu juga memiliki fakta unik dan menarik lainnya.

Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik kupu-kupu serangga bersayap indah yang terangkum dari berbagai sumber.

  • Kupu-kupu tidak bisa terbang dalam kondisi kedinginan

Untuk dapat terbang bebas, kupu-kupu membutuhkan suhu tubuh ideal sekitar 30 derajat Celcius. Kupu-kupu merupakan hewan berdara dingin, sehingga tidak bisa mengontrol suhu tubuhnya sendiri. Apabila suhu udahra kuran dari 13 derajat Celcius, maka dipastikan kupu-kupu tidak dapat bergerak sehingga mudah untuk dimangsa predator.

Pada kondisi cuaca yang dingin, biasanya kupu-kupu akan melakukan pemanasan pada otot terbangnya, dengan cara menggoyangkan diri atau berjemur di bawah cahaya matahari

Fakta Unik dan Menarik Kupu-kupu Serangga Bersayap Indah
Fakta Unik dan Menarik Kupu-kupu Serangga Bersayap Indah
  • Kupu-kupu meminum lumpur untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuhnya

Kupu-kupu juga membutuhkan mineral untuk mensuplemen pola makan nektarnya. Kupu-kupu mempeoleh mineral tersebut dengan cara menyedot beberapa kali butiran lumpur (pudding). Butiran lumpur kaya akan mineral dan juga garam yang dibutuhkan kupu-kupu.

Kebiasaan menyedot lumpur ini biasanya dilakukan oleh kupu-kupu jantang, karena untuk meningkatkan kualitas spermanya. Nutrisi mineral dalam sperma ini kemudian akan ditransfer ke kupu-kupu betina pada saat kawin untuk meningkatkan ketahanan telur.

  • Kupu-kupu baru harus segera menggabungkan belalainya setelah keluar dari kepompong

Kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong harus memastikan apakah mulutnya dapat berfungsi, karena mulut kupu-kupu adalah alat utama untuk menghisap nektar.

Pada saat kupu-kupu dewasa baru muncul dari kepompong, maka mulutnya terbagi menjadi dua bagian, dan dengan menggunakan palpi di dekat belalainya, kupu-kupu tersebut akan mulai menggabungkan 2 bagian belalai itu menjadi satu bagian mulut untuk menguji fungsinya.

  • Kupu-kupu hanya makan cairan, tidak makanan padat

Seekor kupu-kupu dewasa hanya makan cairan, yang biasanya berupa nektar bunga. Bagian mulut kupu-kupu didesain untuk meminum saja, tetapi tidak mampu mengunyah makanan padat.

Kupu-kupu meminum cairan melalui belalai (probascis) yang berfungsi sebagai sedotan minum, yang tergulung di bawah dagunya. Kupu-kup selanjutnya akan membentangkan gulungan belalainya untuk menyedot nektar yang dia temukan.

  • Kupu-kupu memiliki sayap yang transparan

Sayap kupu-kupu terbentuk dari lapisan chitin, yaitu berupa sebuah protein yang membentuk rangka luar (eksoskeleton) serangga. Ribuan sisik kecil akan menyelimuti lapisan chitin ini sehingga akan memantilkan cahaya dalam warna yang berbeda.

Seiring bertambahnya usia, sayap kupu-kupu akan memunculkan titik transparan dimana lapisan chitin akan tereskpos yang mengakibatkan sayapnya semakin tampak transparan.

  • Reseptor kupu-kupu ada di kakinya

Reseptor kupu-kupu terdapat pada kakinya yang berfungsi untuk membanu dalam menemukan nektar. Seekor kupu-kupu akan mendarat pada tanaman inang, menggoyangkan daun dengan kakinya agar tanaman tersebut melepaskan nektar.

jaringan pada belakang kaki kupu-kupu memiliki sensor untuk mendeteksi tanaman yang cocok untuk dirinya bertelur.

  • Kupu-kupu hanya mampu bertahan hidup 2 sampai 4 minggu saja

Pada umumnya, kupu-kupu dewasa hanya memiliki beberapa minggu saja untuk hidup, Sepanjang waktu tersebut, kupu-kupu akan menghabiskan energinya untuk melakukan dua kegiatan, yaitu makan dan kawin.

Bahkan kupu-kupu terkecil, yang berwarna biru, dapat hidup dalam beberapa hari saja.  Kupu-kupu yang hidup lama dalam bentuk dewasa, seperti monarchs atau mourning cloaks, dapat bertahan hidup sampai dengan 9 bulan.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Kupu-kupu Serangga Bersayap Indah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan