Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Cinta

Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Cinta

Amongguru.com. Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang satu ini? Mawar (Rosa Sp) adalah bunga yang ribuan tahun lalu terkenal dengan keindahan bentuk dan warnanya. Karena keindahannya tersebut, bunga mawar sering dijadikan sebagai tanaman hias

Tidak hanya indah dipandang, bunga mawar sejak jaman dahulu sudah dibudidayakan dan diikutkan dalam berbagai ritual penting. Bunga mawar juga dijadikan sebagai bahan utama pembuatan aneka jenis parfum.

Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Cinta
Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Cinta

Bunga mawar sering pula dijadikan sebagai tanda cinta kepada orang yang disayang dan menjadi simbol kebahagiaan.

Pada umumnya mawar memiliki tangkai dengan warna keabu-abuan dengan panjang tangkai kurang lebih 2,5 cm.

Selain itu, tanaman ini memiliki benang sari yang bertangkai, putiknya berbentuk bulat dengan panjang sekitar 0,5 cm,

Untuk lebih memahami tentang bunga mawar ini, berikut fakta unik dan menarik bunga mawar sebagai simbol kebahagiaan dan cinta dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bunga mawar sebagai “Ratu Bunga”

Jaman dahulu, bunga mawar dikenal sebagai “Ratu Bunga”. Bunga mawar pada mulanya hanya dapat ditemukan di daerah dataran Cina, Eropa Timur dan Timur Tengah saja. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, bunga ini sudah tersebar di seluruh penjuru dunia.

Biasanya bunga mawar akan tumbuh di daerah dingin. Meskipun demikian, tidak sedikit juga yang tumbuh di kawasan panas atau kawasan sejuk.

2. Mempunyai banyak warna yang bermakna

Bunga mawar memiliki beberapa tipe warna dengan makna yang umumnya melambangkan cinta dan kebahagiaan.

Mawar merah (Red Rose), menyatakan perasaan cinta, simbol penghargaan dan keberanian. Mawar merah muda (Pink Rose), menggambarkan kebahagiaan. menyatakan terima kasih, dan mengungkapkan perasaan kagum.

Mawar peach (Peach Rose), menyatakan rasa pertemanan dan persaudaraan, kekaguman, serta penghargaan. Mawar kuning (Yellow Rose), menggambarkan cinta platonik dan lambang kecemburuan.

Sedangkan mawar putih (White Rose), memiliki arti seperti kesucian, kerendahan hati, penghormatan, serta penghormatan.

3. Jumlah tangkai menandakan hal yang berbeda

Mawar merupakan lambang cinta, sehingga sering dijadikan sebagai hadiah untuk orang yang disayangi.. Bahkan jumlah mawar yang diberikan tersebut juga ada maknanya.

Misalnya, jika memberikan tiga tangkai mawar ke pasangan Anda, maka berarti Anda mencintai dia di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang.

Apabila Anda memberikan satu bunga kepada pasangan, itu berarti Anda jatuh cinta pada pandangan pertama.

Jika Anda memberikan mawar dengan jumlah 12 tangkai, tandanya Anda ingin berkata “Aku cinta padamu.”

Apabila Anda berniat melamar pasangan Anda, maka Anda harus memberikan 108 tangkai mawar. Jumlah tersebut dipercaya sebagai ungkapan “Maukah kau menikah denganku?”

4. Mengandung banyak vitamin C

Mawar memiliki kandungan vitamin C cukup banyak, khususnya pada bagian kelopaknya. Mawar masih termasuk dalam satu keluarga dengan jenis buah-buahan yang banyak mendangung vitamin C, seperti apel, almond, chery, dan pir.

Bandungan vitamin C pada kelopak mawar ternyata lebih banyak dibandingkan buah-buahan tersebut.

5. Terdapat lebih dari 15.000 spesies mawar

Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Cinta

Terdapat lebih dari 15.000 spesies tanaman mawar yang tersebar diseluruh dunia. Fosil tanaman mawar tertua ditemukan di Florissant Colorado.  Fosil tersebut diprediksi pernah hidup sekitar 35 juta tahun yang lalu.

6. Mawar tertua di dunia

Ternyata tanaman mawar dapat hidup hingga ratusan tahun lamanya. Tanaman mawar tertua yang diketahui masih hidup hingga sekarang berada di Katedral Hildeshiem, Jerman yang mampu bertahan hidup lebih dari 100 tahun.

7. Warga Amerika Serikat konsumen terbesar mawar di dunia

Bunga mawar ditetapkan sebagai Bunga Nasional di Amerika Serikat pada tahun 1986 oleh Presiden Ronald Reagan.

Sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya dari rumah-rumah kaca di Amerika Serikat, sehingga tidak heran apabila 85% konsumen mawar di dunia adalah dari Amerika Serikat.

8. Dijadikan sebagai dekorasi dan kalung

 

Pada jaman Romawi, mawar dimanfaatkan sebagai dekorasi dan dipakai sebagai kalung.  Bangsa Romawi meyakini mawar sebagai simbol kesucian.

Apabila dikaitkan dengan mitologi Yunani, duri yang berada di tangkai bunga mawar disebabkan oleh anak panah yang dilesatkan Cupid yang meleset dan mengenai bunga mawar.

9. Mawar hitam identik dengan sihir

Di dalam dunia fiksi, mawar hitam sering diidentikkan dengan sihir hitam atau kematian. Akan tetapi, mawar yang memiliki warna seperti ini tidak ada dalam kehidupan nyata.

Adalah Turkish Halfeti Rose, mawar langka yang dibudidayakan di Turki dan memiliki warna merah yang sangat pekat, nyaris mendekati warna hitam.

10. Forever Rose sebagai hiasan mawar yang awet 

Forever Rose merupakan hiasan berupa bunga mawar segar yang dapat disimpan untuk selamanya.

Teknik pengawetan khusus mawar ini menjadikan hiasan awet selama 3 tahun dan segar selamanya jika disimpan di dalam kubah kaca yang dijual bersama bunga.

Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Bunga Mawar Sebagai Simbol Kebahagiaan dan Cinta. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan