Fakta Unik dan Menakjubkan tentang Rayap Untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menakjubkan tentang Rayap Untuk Anda Ketahui.

Rayap termasuk dalam hewan Arthropoda, kelas Insecta, dan ordo Isoptera. Isoptera berasal dari bahasa Latin, iso = sama dan ptero = sayap, yang berarti Insekta bersayap sama.

Rayap sering menjadi hama bagi kehidupan manusia, karena dapat menghancurkan perabot rumah tangga yang terbuat dari kayu. Apabila tidak segera disingkirkan, maka koloni rayap dapat dengan mudah menggerogoti perabot kayu untuk dicerna dan dijadikan makanan.

Rayap termasuk dalam binatang purba, karena sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Rayap juga memiliki kedekatan kekerabatan dengan semut, sehingga sering dijuluki sebagai semut putih. Seperti halnya semut, rayap hidup secara berkoloni di dalam tanah, dengan dipimpin oleh ratu dan raja rayap.

Berikut ini fakta unik dan menakjubkan tentang rayap untuk Anda ketahui yang dihimpun dari berbagai sumber.

  • Rayap dilahirkan dalam kondisi buta dan tuli. Rayap mengandalkan indra penciumannya untuk mencari sumber makanan, kemudian meninggalkan jejak aroma makanan dibelakangnya agar dapat diikuti oleh rayap lain.
Rayap .menggunakan indra penciuman untuk mencari makanan
  • Rayap akan membangun sarangnya dari lumpur dan dibuat berbentuk gundukan  tanah yang menjulang tinggi dan berukuran besar. Rayap bajkan mampu membangun sarang yang sangar besar dan tinggi hingga mencapai ketinggian 7 meter.
Rumah rayap yang menjulang tinggi dan besar
  • Ratu dan raja rayap berukuran sangat besar dibandingkan prajuritnya. Akan tetapi, ratu rayap memilki ukuran lebih panjang dari raja rayap. Ratu rayap memiliki panjang 11 cm sedangkan raja rayap panjangnya hanya 2 cm. Rayap prajurit yang bertugas untuk menjaga ratu hanya memiliki panjang 1 cm.
Ratu rayap diantara rayap prajurit
  • Dalam sebuh koloni, jumlah anggota rayap dapat mencapai 10 juta rayap. Meskipun memiliki tubuh yang kecil, koloni rayap mampu menghancurkan gedung. Rayap harus hidup secara berkoloni, karena jika berpisah, rayap tidak bisa bertahan hidup.
Rayap selalu hidup berkoloni
  • Ratu rayap dalam sehari mampu menghasilkan tiga puluh ribu telur. Ratu rayap akan bertelur setiap 15 detik dan tidak pernah berhenti bertelur sepanjang hidupnya.
  • Rayap tidak pernah beristirahat sepanjang hidupnya. Rayap golongan pekerja rata-rata memiliki jangka hidup selama dua tahun dan bekerja tanpa henti.
  • Rayap mencerna zat selulosa yang terdapat dalam kayu dengan bantuan bakteri dan mikroorganisme lainnya. Untuk mendapatkan flagelata, maka anak rayap akan menjilati dubur induknya.
Rayap mencerna selulosa pada kayu dengan bantuan flagelata
  • Rayap berkomunikasi dengan menggunakan getaran. Ketika ada bahaya, rayap akan menginggatkan teman mereka dengan cara memukulkan kepala ada struktur bangunan dan mengakibatkan getaran untuk menjaga agar rayap waspada terhadap musuhnya
  • Rayap dewasa yang bersayap disebut sebagai laron atau anai-anai. Saat musim hujan tiba, laron terbang berbondong-bondong keluar dari sarang untuk mendekati cahaya dan mencari pasangan. Setelah mendapat pasangan, laron memutuskan sayap dan berjalan bergandengan mencari tempat untuk membuat koloni baru.
Rayap bersayap atau laron
  • Rayap berukuran sangat kecil, akan tetapi ternyata total berat badan rayap di bumi ternyata jauh lebih banyak dibandingkan dengan total berat badan manusia yang mencapai 7.5 milyar.
Spesies rayap di dunia

 

  • Rayap merupakan pengurai (dekomposer) yang berperan penting bagi kesuburan tanah. Rayap dapat menguraikan serat tanaman, mencaur pohon yang sudah membusuk dan mati menjadi tanah dengan struktur yang baru dan lebih subur.

Baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menakjubkan tentang Rayap Untuk Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan