Fakta Unik dan Menakjubkan Kanguru Si Hewan Berkantung

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menakjubkan Kanguru Si Hewan Berkantung.

Kanguru merupakan fauna khas dari Australia. Hewan ini adalah kelompok mamalia yang memiliki karakteristik unik pada tubuhnya, yaitu adanya kantung pada bagian perut atau disebut juga marsupialia.

Kantung tersebut berfungsi sebagai tempat tinggal dari bayi kanguru. Kanguru juga satu-satunya mamalia yang berjalan dengan melompat.

Nama kangguru sendiri berasal dari bahasa Aborigin, yaitu “Gangguru”. Aborigin adalah suku asli yang mendiami wilayah Australia. Kanguru dapat tumbuh 1- 8 meter tingginya dan mencapai berat 40 – 200 kilogram.

Selain keunikan tersebut, masih ada beberapa keunikan lain dari kanguru yang perlu Anda ketahui. Berikut ini fakta unik dan menakjubkan kanguru si hewan berkantung yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.  Kantung kanguru berfungsi untuk melindungi bayi dari bahaya dan tempat menyusui

Kantung kanguru berfungsi untuk melindungi bayi kangguru dari bahaya. Ketika sedang berlari, kantung yang terletak di depan akan lebih aman bagi bayi kangguru untuk berlindung.

Fakta Unik dan Menakjubkan Kanguru Si Hewan Berkantung

Kangguru juga menyusui bayinya melalui kantung. Bayi kangguru dibawa ke mana pun kangguru pergi.Setelah masuk ke dalam kantung, bayi kangguru langsung menghisap susu dari induknya. Bayi kanguru akan terus menghisap susu, meskipun sang induk melompat-lompat.

2.  Kaki depan dan belakang kanguru memiliki fungsi yang berbeda

Ternyata kaki depan dan belakang kanguru memiliki fungsi yang berbeda. Kaki depan kanguru digunakan untuk mengambil makanan, sedangkan kaki belakang berfungsi untuk melompat.

Lompatan kanguru dapat mencapai jarak 10 meter dengan kecepatan sekitar 65 km/jam. Kaki belakangnya juga digunakan sebagai alat pertahanan diri dan memperingatkan kanguru lain jika ada bahaya yang mengancam.

3. Kanguru adalah perenang yang handal

Tahukah Anda bahwa kanguru bisa berenang? Kanguru adalah perenang yang sangat baik. Ketika mereka berenang, mereka mampu menggerakkan kaki belakang mereka secara terpisah. Kecepatan kanguru berenang juga luar biasa. 

4.  Kanguru merupakan hewan yang senang mengelompok

Di dalam habitat aslinya, kanguru sangat senang hidup secara berkelompok. Kanguru juga memiliki pemimpin dalam kelompoknya dan biasanya pemimpin yang dipilih adalah yang memiliki umur paling tua di dalam kelompok tersebut.

5. Kanguru sangat agresif dalam mempertahankan wilayahnya

Kanguru merupakan hewan yang agresif. Mereka akan bertarung dalam kelompok untuk memperebutkan dominasi kekuasaan. Kanguru juga dapat menyerang spesies selain kanguru dengan menggunakan kaki depan pendek mereka, dengan cakar tajam dan kaki belakang yang kuat.

6.  Kanguru memiliki perut ruminansia

Kanguru adalah hewan pemakan rumput atau herbivora. Mereka akan makan rumput, semak, tunas dan daun pohon. Karena perut mereka mirip (anatomis) dengan perut ruminansia, kanguru akan memuntahkan makanan mereka dan mengunyahnya beberapa kali sebelum  menelannya.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menakjubkan Kanguru Si Hewan Berkantung. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan