Fakta Unik dan Menakjubkan Kaktus Tanaman Padang Pasir

Amongguru.com. Fakta Unik dan Menakjubkan Kaktus Tanaman Padang Pasir.

Kaktus merupakan tumbuhan padang pasir dengan ciri morfologi berkulit tebal dan duri diseluruh permukaan tubuh tumbuhan. Kaktus dikenal memiliki kemampuan beradaptasi pada daerah kering dengan iklim yang panas dan intensitas hujan yang sangat rendah.

Keunikan morfologi tersebut menjadikan kaktus mampu menyimpan cadangan air, sehingga membuatnya mampu bertahan hidup meskipun di daerah padang pasir.

Untuk lebih mengenal tentang tanaman kaktus, berikut ini fakta unik dan menakjubkan kaktus tanaman padang pasir yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Duri kaktus sebenarnya merupakan daunnya. Daun kaktus tumbuh dengan sistem khusus yang bernama areole. Ukuran duri kaktus bervariasi dan dapat tumbuh hingga mencapai 15 cm. Bentuk ukuran dan duri yang lebih pendek dapat mencegah penguapan secara berlebihan.

  • Duri kaktus yang berwarna terang berfungsi memantulkan cahaya matahari untuk menjaga kondisi tanaman selalu dalam keadaan dingin.

  • Duri kaktus juga berfungsi sebagai alat pelindung diri dari gangguan hewan yang akan mengambil air yang terkandung dalam kaktus.
  • Seluruh bagian dari tanaman kaktus tersusun untuk menyimpan air, baik daun, akar, maupun batangnya.

  • Kaktus memiliki masa tumbuh dan istirahat. Saat masa tumbuh, tanaman kaktus membutuhkan sinar matahari tinggi, kelembaban tinggi, suhu yang tinggi, dan air yang banyak. Sedangkan saat fase istirahat, kaktus tidak membutuhkan intensitas air tinggi.
  • Meskipun tanaman kaktus berukuran kecil, akan tetapi ukuran akarnya besar dan panjang. Akar kaktus akan tumbuh menyebar ke sekeliling hingga mencapai panjang dua meter. Akar kaktus tidak tumbuh vertikal ke bawah, tetapi horisontal dan hanya beberapa inchi berada di bawah permukaan tanah.

  • Kaktus dapat berfungsi menjadi reservoir air alami. Kaktus memiliki cairan yang tersimpan ditubuhnya yang berbentuk cairan kental dan berlendir. Cairan tersebut mengandung alkali yang sangat tinggi, sehinggaa tidak dianjurkan untuk meminumnya terlalu banyak.
  • Kaktus mampu bertahan hidup antara 25 sampai dengan 300 tahun. Salah satu spesies langka kaktus adalah Ratu Andes. Bunganya hanya mekar sekali saja selama 80-100 tahun hidupnya.
  • Bunga kaktus rata-rata berukuran besar dan memiliki warna yang menarik, seperti kuning dan merah. Ada bunga kaktus yang tumbuh berkembang dalam beberapa, ada juga yang mati dalam sehari. Beberapa bunga kaktus ada yang berbunga dan mekar hanya di malam hari.

Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Menakjubkan Kaktus Tanaman Padang Pasir. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan