Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir

Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir

Amongguru.com. Unta adalah salah satu hewan yang mampu bertahan hidup di daerah gurun dengan suhu tinggi. Seperti halnya domba, unta juga pada umumnya diternakkan dan merupakan sumber utama dari susu dan daging. Unta bahkan digunakan sebagai alat transportasi oleh banyak suku-suku nomaden yang tinggal di daerah padang pasir.

Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir berkaitan dengan kemampuan unta dalam bertahan hidup di daerah gurun yang kering dan panas.

Berikut ini Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir yang perlu Anda ketahui.

1. Unta tahan terhadap berbagai iklim

Unta memiliki punuk yang berfungsi untuk menyimpan lemak, sehingga unta mampu untuk bertahan hidup di daerah dingin.

Daerah padang pasir memiliki amplitudo suhu yang besar, dimana pada siang hari, suhu udara dapat sangat panas dan malam hari suhu udara bisa sangat dingin.

Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir
Punuk unta berfungsi menyimpan lemak

Lemak pada punuk unta tersebut dapat diubah menjadi makanan dan air melalui proses metabolisme tubuhnya.

2. Unta mampu bertahan hidup di padang gurun tanpa dehidrasi

Pada musim panas, unta akan minum sebanyak 30 liter air atau sekitar sepertiga dari bedat tubunya secara sekaligus dalam waktu kurang dari 10 menit.

Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir
Unta tidak dehidrasi di cuaca panas

Hal yang menakjubkan adalah jika dalam keadaan tanpa air, unta akan kehilangan 100 liter air dalam jaringan tubuhnya atau kehilangan sekitar 25 persen cairan tubuh dan tidak mengalami dehidrasi.

Unta masih dapat bepergian jauh tanpa adanya pasokan air.

3. Unta mampu mengatur perubahan suhu tubuhnya sendiri
Di pagi hari, suhu tubuh unta berkisar 34 derajat celcius. Tetapi pada waktu siang hari, unta akan mampu menaikkan suhu tubuhnnya mencapai 40 derajat celcius.

Hal inilah yang menyebabkan unta mampu beradaptasi dengan baik di daerah gurun yang panas.

4. Unta mampu tidak makan selama empat belas hari

Seekor unta dewasa akan mampu untuk tidak makan selama kurang lebih dua minggu. Kemampuan untuk tidak makan selama berhari-hari ini karena unta memiliki cadangan makanan yang diambil dari punuknya.

Sebagai informasi, unta yang sehat memiliki punuk seberat 35 kg. Bahkan dalam kondisi yang keras, unta mampu bertahan hidup hingga sebulan hanya dengan makan rumput 2 kg sehari.

5. Unta memiliki bulu mata berlapis

Mata unta memiliki dua lapisan bulu mata. Bulu mata unta saliang terkait seperti membentuk perangkap. Bulu mata unta ini berfungsi untuk melindungi matanya dari serangan badai pasir.

6. Unta memiliki kebiasaan buruk, meludah

Unta mempunyai sebuah kebiasaan buruk, yaitu meludah. Dalam kondisi tertekan, unta akan sering meludah dan ludahnya tersebut sangat berbau busuk. Keeadaan tertekan ini, misalnya saat marah, frustasi, atau ketakutan.

7. Unta senang berkoloni

Unta adalah jenis hewan yang senang berkumpul. Hewan ini akan membentuk 6-30 ekor, terdiri dari satu ekor unta jantan dan beberapa ekor unta betina dengan keturunannya. Sedangkan unta yang belum kawin, akan membentuk kelompok tersendiri.

Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir
Unta lebih senang berkoloni

8. Unta dewasa berat tubuhnya mencapai 800 kg

Unta dewasa memilik berat tubuh 300-800 kg dengan tinggi 2,1 meter. Dengan berat tubuh sebesar itu, maka unta dapat mengangkut beban 180 kilogram dan berjalan sejauh 40 km setiap hari. Umur unta dapat mencapai sekitar 50 tahun

9. Unta memiliki struktur selaput lendir lebih besar dari manusia

Unta mempunyai struktur selaput lendir dalam hidungnya seratus kali lebih besar dari yang dimiliki manusia. Melalui selaput lendir hidungnya yang besar serta melengkung, unta akan mampu menyerap sekitar 65 persen kelembaban yang ada di udara, sehingga unta mampu mempertahankan uap air yang dapat dikembalikanke tubuhnya saat diperlukan.

10. Unta memiliki bulu tebal untuk menyekat panas

Bulu tebal pada tubuh unta berguna untuk mencegah matahari yang terik menembus kulitnya, juga berfungsi untuk menghangatkan badan unta pada kondisi cuaca yang dingin. Bulu unta tidak hanya untuk melindungi tubuhnya dari kondisi panas dan dingin, tetapi juga untuk mengurangi kehilangan air dari tubuh.

Baca

Demikian Fakta Unik dan Menakjubkan dari Unta Si Hewan Padang Pasir yang perlu Anda ketahui.

Semoga bermanfaat untuk referensi bacaan Anda.

Tinggalkan Balasan