Fakta Unik dan Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Manusia

Fakta Unik dan Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Manusia

Amongguru.com. Pohon Kamboja  (Plumeria), merupakan tanaman asli Amerika Tropis dan Afrika.

Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias di teras depan rumah, karena memiliki aneka warna bunga, mulai dari putih, kuning, merah, dan juga merah muda.

Pohon Kamboja dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan bentuk daunnya. Ada pohon kamboja yang daunnya lebar dengan ujung lancip dan ada juga kamboja dengan daun yang kecil dan lojong dengan ujung tumpul.

Secara umum, Bunga Kamboja sering dianggap bunga atau pohon kuburan, karena banyak tumbuh di sekitar area pemakaman.

Berdasarkan catatan sejarah, Bunga Kamboja ditemukan oleh seorang ahli Botani dari Perancis yang bernama Charles Plumier pada sekitar abad ke-16.

Fakta Unik dan Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Manusia
Fakta Unik dan Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Manusia

Bunga Kamboja dikenal dengan banyak sebutan di Indonesia, misalnya Bunga Semboja (Jawa), Bunga Jebun (Bali), Bunga Samoja (Sunda), Bunga Lomilate(Gorontalo), Bunga Campaka (Madura), Bunga Pandam (Minangkabau), Bunga Kolosusu (Minahasa), dan Bunga Capaka Kubu (Tidore).

Fakta uniknya, Bunga Kamboja sebenarnya termasuk jenis bunga yang dapat dimakan, sama halnya dengan bunga pepaya dan bunga turi.

Bunga kamboja sudah lama banyak dimanfaatkan di beberapa negara. Di Taiwan, Jepang, dan China, Bunga Kamboja diolah menjadi minyak wangi, teh seduh, dan obat nyamuk.

Selain itu, Bunga Kamboja juga memiliki berbagai fungsi untuk kesehatan, Hampir seluruh bagian dari Bunga Kamboja, dari akar hingga daunnya memiliki manfaat yang sangat luar biasa di bidang kesehatan.

Bunga Kamboja yang dikeringkan akan sangat bermanfaat, karena dapat menurunkan suhu tubuh, mengobati radang gusi atau tenggorokan, bibir pecah-pecah, dan menambah napsu makan.

Batang Kamboja mengandung getah putih yang mengandung damar, kautscuk, senyawa sejenis karet, senyawa triterpenoid amytin, dan lupeol. Getah ini dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit karena bengkak.

Bunga Kamboja dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang terdapat di tubuh yang dianggap mengganggu. Getah pada Bunga Kamboja dapat dioleskan pada tahi lalat setiap harinya sampai tahi lalat akan menghilang.

Berikut ini beberapa manfaat lain tanaman Kamboja di bidang kesehatan.

  1. Mengobati bisul; lemaskan daun Kamboja dengan minyak secukupnya, kemudian oleskan campuran tersebut ke daerah bisul. Dapat juga dioleskan secara merata getah pohon Kamboja ke bagian tubuh yang terkena bisul.
  2. Menghilangkan kutil; oleskan getah pohon Kamboja atau daun Kamboja pada kutil yang akan dihilangkan. Lakukan secara rutin sampai kutil tersebut hilang.
  3. Mengobati sakit gigi yang berlubang; ambil getah pohon Kamboja dengan kapas, selanjutnya masukan ke dalam gigi yang sakit akibat berlubang tersebut. Getah Bunga Kamboja mengandung senyawa glikoda untuk meredakan sakit gigi.
  4. Kencing nanah; caranya adalah dengan membuat ramuan akar Kamboja dan meminumnya secara rutin.
Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian ulasan mengenai Fakta Unik dan Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan Manusia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan