Fakta tentang Seberapa Cepat Mata Manusia Bergerak Ketika Membaca

Amongguru.com. Fakta tentang Seberapa Cepat Mata Manusia Bergerak Ketika Membaca.

Mata merupakan salah satu alat indra yang dimiliki manusia dan berperan utama dalam proses melihat.

Mata adalah sebuah sistem optik yang kompleks. Mata akan mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitar, mengatur intensitasnya melalui diafragma, dan memfokuskannya  melalui lensa untuk membentuk sebuah gambar.

Selanjutnya mata akan mengkonversi gambar tersebut menjadi suatu himpunan sinyal listrik, dan mentransmisikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak untuk diterjemahkan.

Intinya adalah ketika kita melihat sebuah benda atau objek, maka mata akan mempersepsi benda yang dilihat tersebut, kemudian mata akan mengirim sinyal dari gambar tadi ke otak untuk diproses lebih lanjut.

Demikian pentingnya fungsi mata, sehingga sudah sewarjarnya kita menjaga mata kita dari kerusakan atau penurunan fungsi mata sebagai organ penglihatan.

Fakta tentang Seberapa Cepat Mata Manusia Bergerak Ketika Membaca

Di dalam proses membaca, maka mata dan otak saling bekerjasama. Mata berfungsi sebagai indera yang menangkap teks bacaan, sedangkan otak berperan dalam memahami makna bacaan, sehingga tercipta sebuah pemahaman terhadap bacaan.

Ketika kita membaca, maka mata akan melikat sekelompok kata dan memberikan persepsi terhadap kata-kata tersebut, selanjutnya mengirimkan sinyak ke otak tentang kata atau teks yang dilihat. Apa pun yang kita lihat, termasuk teks yang dibaca, akan tetap terlihat sebagai sebuah gambar.

Pada otak akan terjadi proses mencerna dan pemberian makna terhadap sinyal tersebut. Melalui informasi lain yang sudah disimpan sebelumnya, otak akan berusaha memberi pemahaman terhadap informasi yang diberikan oleh mata.

Proses persepsi dan pengenalan kata akan berlangsung secara cepat, jika otak pernah menyimpan pola gambar untuk kata-kata tersebut. Hal inilah yang menyebabkan mengapa orang yang rajin membaca relatif mampu membaca lebih cepat dibandingan orang yang jarang membaca.

Orang yang rajin membaca, sudah menyimpan banyak kata-kata di dalam memori otaknya, sehingga ketika dilihat dalam tulisan dapat dipersepsi dan dipahami dengan lebih cepat.

Kecepatan membaca rata-rata anak jenjang sekolah dasar adalah 200 kpm (kata per menit). Hal tersebut kurang lebih sama dengan satu setengah sampai dua paragraf bacaan tiap menitnya.

Sedangkan kecepatan baca rata-rata orang dewasa berdasarkan data statistik adalah 250 sampai 300 kata permenit. Kecepatan membaca orang dewasa tersebut kira-kira sama dengan dua sampai tiga paragraf saja dengan tingkat pemahaman hanya sebesar 70%.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar manusia, sejak usia sekolah dasar hingga masa dewasa, tidak pernah mengalami peningkatan kecepatan membaca yang cukup signifikan.

Dua ratus lima puluh kata kira-kira sama dengan seperempat halaman buku. Dengan kecepatan baca seperti itu, artinya kita membutuhkan empat menit untuk membaca satu halaman penuh dan membutuhkan dua puluh jam untuk menamatkan satu buku setebal tiga ratus halaman.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan Fakta tentang Seberapa Cepat Mata Manusia Bergerak Ketika Membaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan