Fakta Mengenai Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Amongguru.com. Fakta Mengenai Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui .

Ciplukan (Physialis angulata) adalah salah satu jenis tanaman liar yang umum dijumpai, khususnya di daerah persawahan pedesaan. Tanaman ini akan tumbuh dengan sendirinya di area persawahan dengan pertumbuhan yang tergolong cepat.

Anda akan dengan mudah mendapatannya karena bentuk fisik dari tanaman  ciplukan sangat mudah dikenali dengan ciri khas buahnya yang bergelantungan dan jika telah matang berwarna kuning serta memiliki rasa yang manis.

Pohon ciplukan tumbuh tegak dan hanya bisa mencapai tinggi sekitar 30 sampai dengan 50 cm dengan umur tanaman maksimal satu tahun. Batangnya berwarna hijau dengan banyak cabang disekelilingnya.

Daun berseling dan berlekuk, bertangkai 7-25 mm, dengan bentuk bulat telur memanjang dan ujungnya lancip. Ukuran panjang daun mencapai 3,5 – 10 cm dan lebar 2,5 cm. Daunnya berwarna hijau tipis dengan gerigi yang jarang di ujung-ujungnya.

Pada saat berbuah, maka buah ciplukan akan dibungkus oleh semacam kantong tipis menggembung berwarna hijau. Lambat laun kantong ini akan berubah warna menyerupai warna buah ciplukan di dalamnya.

Sehingga untuk menentukan apakah buah ciplukan sudah matang atau belum, Anda tidak perlu membukanya satu persatu. Cukup dengan melihat warna kantong buah, Anda sudah dapat menebak tingkat kematangannya.

Fakta Mengenai Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui
Fakta Mengenai Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Sayangnya masih banyak  orang yang belum mengetahui manfaat dari tanaman ciplukan ini untuk kesehatan. Ternyata, hampir seluruh bagian tanaman ciplukan memiliki manfaat untuk kesehatan, mulai dari akar, batang, daun, maupun buahnya.

Karena tanaman ini mudah tumbuh, terkadang ciplukan hanya dianggap gulma oleh petani sehingga harus dimunahkan. Apabila anda tertarik untuk mencoba, maka tidak ada salah memanfaatkan tanaman ciplukan untuk pengobatan.

Seluruh bagian tanaman ciplukan tersebut apabila akan dijadikan ramuan untuk pengobatan cukup dengan merebusnya terlebih dahulu, selanjutnya Anda tinggal meminumnya. Akan tetapi khusus untuk buahnya, dapat direbus terlebih dahulu atau langsung Anda makan.

Kandungan kimiawai pada ciplukan seperti chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin. Selain itu, buahnya juga mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, gula, dan elaidic acid.

Secara klinis senyawa kimia pada ciplukan tersebut telah diuji dilaboratorium, dan secara efektif dapat  menyembuhkan berbagai penyakit. Senyawa kimia tersebut memiliki sifat, antara lain sebagai analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), dan pededa batuk. Bahkan dalam farmakologi Cina, tumbuhan ciplukan diyakini memiliki sifat menyejukkan.

Di dalam menambah pengetahuan Anda mengenai fungsi tanaman ciplukan ini untuk kesehatan, berikut fakta mengenai manfaat tanaman ciplukan untuk kesehatan yang wajib diketahui .

  • Mengobati flu

Salah satu manfaat dari tanaman ciplukan adalah untuk mengobati flu. Anda yang sedang terserang flu dapat mencoba memanfaatkan tanaman ciplukan untuk meredakan penyakit Anda. Caranya adalah ambil beberapa lembar daun ciplukan, bersihkan, kemudian rebus dengan air ampai mendidih. Minum air rebusannya sampai Anda merasakan flu Anda sembuh.

  • Mengobati gondongan

Gondongan merupakan kondisi dimana bagian kelenjar pada bagian bawah leher yang mengalami pembengkakan. Rasa nyeri akibat gondongan ini dapat Anda kurangi dengan meminum air rebusan dari daun ciplukan.

  • Mengobati batuk rejan

Batuk rejan atau istilah medisnya pertusis disebabkan karena infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang mudah sekali menular. Biasanya, batuk rejan ditandai dengan batuk parah yang disertai suara tarikan napas bernada tinggi.

Penyakit ini biasanya menyerang pada anak-anak dan lansia. Anda dapat memanfaatkan rebusan tanaman ciplukan untuk mengobati bauk rejan ini dengan cara meminumnya secara ruin.

  • Mengobati radang tenggorokan

Tanaman ciplukan juga berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan, yang biasanya menyerang pada anak-anak maupun orang dewasa.

Caranya ambil seluruh pohon ciplukan, termasuk akarnya, kemudian dibersihkan. Potong-potong seluruh bagian tanaman ciplukan tersebut dengan ukuran 3 sampai 4 cm dan selanjutnya dijemur. Setelah kering, ambil kira-kira  9 – 15 gram kemudian direbus sampai mendidih. Minum air rebusan sebanyak tiga kali sehari sampai radang Anda sembuh.

  • Membantu mengeringkan borok

Luka borok dapat dikeringkan dengan cepat menggunakan serbuk daun ciplukan. Oleskan serbuk daun ciplukan kering pada borok yang sedang meradang. Borok yang meradang tersebut dapat semakin cepat mengering dan rasa nyeri akibat borok dapat dikurangi.

  • Mengobati bisulan

Tanaman ciplukan memiliki sifat analgetik (penghilang nyeri), sehingga dapat dimanfaatkan antara lain untuk mengurangi nyeri akibat bisul. Caranya cukup mudah, ambil daun ciplukan sebanyak setengah genggam, kemudian dicuci bersih lalu digiling halus. Oleskan serbuk daun ciplukan tersebut pada bisul yang sedang meradang.

  • Mengobati kencing manis

Kencing manis merupakan penyakit kronis berkepanjangan dimana penderitanya harus mampu menjaga kada gula darah agar tidak naik secara signifikan. salah satu cara menjaga kadar gula darah pada penderita kencing manis adalah dengan meminum rebusan daun ciplukan secara rutin.

  • Mengurangi resiko epilepsi

Rebusan daun ciplukan dipercaya mampu mengurai resiko terjadinya epilepsi sebagai salah satu penyakit akibat gangguan sistem saraf. Penderita epilepsi dapat minum secara rutin rebusan daun ciplukan tersebut untuk mengurangi frekuensi kambuh.

  • Mengobati gangguan kelenjar getah bening

Gangguan kelenjar getah bening dapat dihilangkan dengan cara meminum rebusan tanaman ciplukan secara rutin. Hal yang perlu perhatikan adalah Anda harus mengimbangi minum rebusan ciplukan tersebut dengan meminum air putih.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Tanaman Ciplukan untuk Pengobatan yang Belum Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan