Fakta Menarik Kumpulan Hewan dengan Suara Terkuat di Dunia

Amongguru.com. Fakta Menarik Kumpulan Hewan dengan Suara Terkuat di Dunia.

Hewan diciptakan dalam bentuk dan varian yang beragam. Jumlah hewan yang sangat banyak dan beragam tersebut bahkan menjadikan beberapa hewan sampai sekarang ada yang belum teridentifikasi nama maupun jenisnya.

Selain beragam, beberapa hewan juga memiliki keunikan yang menarik untuk dipelajari. Salah satu keunikan tersebut adalah pada suaranya.

Berikut ini adalah Fakta Menarik Kumpulan Hewan dengan Suara Terkuat di Dunia untuk Anda ketahui yang dikutip dari berbagai sumber.

1.  Buaya

Buaya secara teknis tidak memiliki pita suara, akan tetapi buaya sangat pandai membuat kegaduhan di dalam air.

Buaya mampu mendesis, mendengus, batuk, menggeram dan, yang paling terkenal, di bawah air, membuat suara infrasonikyang menimbulkan gulungan air kecil di permukaan, membuatnya bergetar atau “berdansa.”

Meskipun frekuensi yang dihasilkan terlalu rendah bagi manusia untuk mendengar, namun suara tersebut dapat mencapai jarak jauh untuk menjangkau calon pasangan.

2.  Srigala

Suara jeritan serigala dapat terdengar hingga jarak 10 mil jauhnya. Sebuah lolongan serigala dapat mengidentifikasi satu sama lain dari jarak jauh hanya dengan panggilan mereka sendiri.

Ketika sekelompok srigala sedang melakukan paduan suara, hal itu bertujuan agar para pemangsa tidak dapat menebak berapa banyak serigala yang akan mereka hadapi.

3. Singa

Singa mungkin merupakan hewan yang panggilannya paling mudah dikenali. Raungan singa jantan digunakan untuk memburu saingan dan untuk menunjukan dominasi.

Sedangkan singa betina meraung untuk melindungi anaknya dan menarik perhatian singa jantan. Auman seekor singa terdengar bisa mencapai 5 mil jauhnya.

4.  Hyena

Hyena akan membuat staccato, serangkaian suara seperti tertawa (hee-hee-hee) bernada tinggi. Para ahli zoologi menjelaskan bahwa suara tertawa ini akan terdengar ketika mereka sedang terancam, dikejar, atau diserang. Tawa mengganggu ini bisa didengar sampai dengan delapan mil jauhnya.

5.  Gajah

Pada saat gajah memijakkan kakinya, suara getaran bisa terdengar sampai 20 mil melalui tanah. Gajah juga melakukan komunikasi melalui kaki yang dihasilkan getaran tersebut.

Penelitian membuktikan bahwa gajah mengirimkan pesan untuk peringatan, untuk menyapa, dan untuk mengumumkan pergi atau lari. Suara ini berkekuatan 80-90 desibel, lebih keras dibandingkan teriakan manusia pada umumnya.

6.  Kakapos jantan

Kakapos adalah sejenis burung kiwi besar sebagai hewan asli Selandia Baru. Kakapos jantan akan menciptakan semacam amfiteater di habitatnya yaitu berdeham, mengembangkan kantung udara di dadanya, kemudian melepaskan suara beresonansi tinggi yang dapat didengar sampai tiga mil jauhnya.

7. Monyet

Monyet memiliki rahasia di balik suaranya yang melengking, yaitu kantung khusus pada tenggorokan yang berfungsi menguatkan dengan panggilan untuk menakut-nakuti hewan lain dari wilayah kekuasaannya.

8. Udang pistol

Sesuai dengan namanya, udang pistol memiliki dua capit besar yang mampu untuk menghancurkan kaca. Selain itu, capit udang pistol mampu mengeluarkan tembakan air dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Air yang bergerak karena tembakan udang pistol tersebut akan menghasilkan gelembung kejut Gelombang kejut udang pistol ini mampu terdengar dan membunuh ikan dan udang yang ada di air dengan jarak 6 meter jauhnya.

Gelombang kejut tersebut juga memancarkan kilat cahaya kecil, yang sesaat akan menyebabkan suhu dalam gelombang kejut tersebut akan naik menjadi 8.500 derajat Fahrenheit.

9.  Kelelawar

Fakta Menarik Kumpulan Hewan dengan Suara Terkuat di Dunia

Kelelawar adalah hewan nocturnal (aktif pada malam hari) yang menggunakan sistem sonar atau navigasi yang juga digunakan oleh lumba-lumba dan beberapa jenis paus untuk mengenali benda-benda disekitarnya.

Kelelawar akan mengeluarkan gelombang ultrasonik yang akan dipantulkan kembali oleh benda-benda di sekitarnya. Ketika dipantulkan, gelombang pantulan tersebut kemudian diterima kembali oleh kelelawar dan kelelawar dapat mengenali mana mangsanya dan benda-benda lain di sekitarnya.

10. Jangkrik

Meskipun memiliki tubuh yang kecil, jangkrik memiliki suara yang nyaring dan tergolong keras. Jangkrik dapat dengan mudah menyanyikan ‘lagu’ mereka yang memiliki frekuensi 120 desibel.

Suara jangkrik biasanya digunakan untuk memberikan pertanda kepada sesamanya. Jangkrik mengeluarkan suara dengan menggunakan noisemakers, yang dinamakan timbals yang terletak di bagian bawah perutnya.

Demikian ulasan mengenai Fakta Menarik Kumpulan Hewan dengan Suara Terkuat di Dunia. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan