Fakta Menarik dan Unik tentang Tikus yang Perlu Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Menarik dan Unik tentang Tikus yang Perlu Anda Ketahui.

Tikus merupakan mamalia yang tergolong dalam suku muridae. Spesies pada tikus yang terkenal, yaitu mencit. Tikus adalah hewan yang dianggap menjengkelkan oleh sebagian orang, karena menjadi hewan kotor yang dapat mendatangkan berbagai sumber penyakit.

Pada umumnya, tikus sering ditemukan di tempat-tempat yang kotor, seperti got, sawah, saluran air, pipa, dan tempat-tempat kumuh lainnya.

Tikus juga menjadi hewan pengerat yang paling dibenci petani, karena menjadi hama bagi tanaman padi; Beberapa kegagalan panen padi salah satunya karena dimakan oleh tikus.

Meskipun menjadi hewan yang tidak disenangi keberadaannya, ternyata tikus memiliki beberapa keunikan yang menarik untuk Anda ketahui.

Berikut ini fakta menarik dan unik tentang tikus yang perlu Anda ketahui, yang diperoleh dari berbagai sumber.

Fakta Menarik dan Unik tentang Tikus yang Perlu Anda Ketahui

1.  Tikus memiliki ketangguhan beradaptasi dengan lingkungan

Tikus dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan, bahkan pada kondisi ekstrim sekalipun. Seekor tikus dapat bertahan lebih lama tanpa air dibandingkan unta. Tikus mampu bertahan pada saat terjadi radiasi yang besar. Hal inilah yang menjadikan penyebaran tikus merata di seluruh dunia.

Tikus juga mampu berenang dengan jarak hampir dua pertiga km di perairan yang terbuka. Kehebatan dari tikus adalah dengan cepat mampu membangun kekebalan terhadap berbagai racun. Bahkan tikus masih tetap hidup dan tidak cidera ketika jatuh dari lantai 5.

2.  Tikus sering dituduh sebagai sumber penyakit

Karena tubuhnya yang kecil, kotor, ekor bersisik, dan berbau maka tikus sering dijadikan sebagai penyebab munculnya penyakit dan harus dihindari agar tidak terjadi kontak fisik.

Tikus juga sering merusak barang-barang yang ada di dalam rumah, seperti memakan makanan yang telah disimpan, menguyah kabel listrik, bahkan dapat menggigit bagian-bagian tubuh manusia ketika sedang tidur.

3.  Tikus adalah tamu yang tidak pernah diundang

Tikus pernah mendatangi hampir semua rumah dan dapat masuk melalui lubang kecil sekalipun, yang berukuran seperempat diameter dari tubuhnya, karena tubuh tikus sangat lentur.

Tikus akan menjadi lebih aktif pada malam hari untuk mencari makan, sehingga sering merusak dan memakan makanan yang dihidangkan dimeja.

4.  Tikus memiliki gigi yang lebih keras dari baja

Tikus memiliki gigi yang lebih keras daripada baja atau pun besi. Anda jangan heran jika kayu, papan, maupun kabel listrik di dalam rumah Anda dapat dengan mudah digerogoti oleh tikus karena gigi tikus mampu untuk melakukan hal tersebut.

5.  Tikus adalah hewan yang cerdik menghindari perangkap

Tikus merupakan hewan cerdik, sehingga mesikpun Anda banyak sekali memberikan umpan dan perangkat mereka tidak mudah untuk masuk ke dalam perangkap yang sudah Anda siapkan.

6.   Tikus tidur pada musim dingin untuk mengurangi laju metabolisme

Beberapa jenis tikus akan melakukan tidur panjang (hibernasi) untuk menurunkan laju metabolisme tubuh hingga tingkat rendah untuk dapat bertahan hidup tanpa makanan dalam beberapa hari bahkan bulan. Kegiatan ini akan dilakukan pada saat musim dingin tiba, dimana pada musim tersebut makanan akan sulit didapatkan.

7.  Tikus adalah hewan yang tidak mudah muntah

Tikus merupakan hewan yang tidak akan mudah muntah setelah makan. Kelemahan inilah yang kemudian dihindari oleh tikus dengan melakukan tindakan memakan sedikit dari makanannya. Ketika dipastikan tidak tidak ada reaksi negatif, maka tikus tidak akan melanjutkan makan.

Demikianlah Fakta Menarik dan Unik tentang Tikus yang Perlu Anda Ketahui. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan