Fakta Menarik dan Unik Tentang Penyu yang Belum Banyak Diketahui

Amongguru.com. Fakta Menarik dan Unik Tentang Penyu yang Belum Banyak Diketahui.

Penyu adalah hewan air yang menarik dan lucu untuk dilihat. Hewan ini terlihat seperti kura-kura biasa akan tetapi memiliki sirip, bukannya kaki.

Penyu sudah ada di bumi lebih sejak seratur juta tahun yang lalu. Bahkan, menurut World Wildlife Federation (WWF), penyu adalah salah satu keluarga hewan tertua yang ada di bumi.  Menurut data dari para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 – 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus.

Penyu dapat ditemukan di seluruh samudra di dunia. Setidaknya ada tujuh spesies penyu yang masih dapat bertahan hidup sampai sekarang.

Ketujuh spesies penyu tersebut adalah Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi), Penyu lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu pipih (Natator depressus), dan Penyu tempayan (Caretta caretta).

Fakta Menarik dan Unik Tentang Penyu yang Belum Banyak Diketahui
i

Berikut ini beberapa fakta menarik dan unik tentang penyu yang belum banyak diketahui untuk menambah pengetahuan Anda yang dirangkum dari berbagai sumber.

  • Penyu terbesar yang pernah ditemukan adalah penyu belimbing dengan panjang tubuh mencapai 2,6 meter dan berat 916 kilogram. Sedangkan penyu terkecil adalah dari spesies Kemp Ridley yang hanya memiliki panjang sekitar 65 centimeter dengan berat sekitar 45 kilogram.
  • Bayi penyu setelah menetas akan keluar dari telur dan berebut untuk menuju laut, karena naluri mereka yang mendorong untuk menuju ke air. Bayi penyu tidak pernah berinteraksi dengan orang tuanya setelah menetas. Pada umumnya spesies jantan tidak pernah meninggalkan laut setelah mereka pertama kali menceburkan diri sewaktu masih kecil.
  • Penyu berkembang biak dengan cara bertelur pada tandan atau disebut juga kopling. Suhu pasir dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin penyu. Jika pasir bersuhu di bawah 30 derajat celsius, telur penyu sebagian besar menetas dengan kelamin jantan. Apabila suhu pasir di atas 30 derajat celsius, telur yang menetas lebih  banyak berjenis kelamin betina.
  • Anda akan kesulitan untuk membedakan antara penyu jantan dan betina dari segi ukuran, karena memang ukuran tubuh mereka mirip. Cara paling mudah untuk membedakannya adalah penyu jantan memiliki ekor lebih panjang, karena di ekor tersebut organ reproduksi berada.
  • Penyu laut pada umumnya adalah perenang yang handal, karena mereka dapat berenang degan kecepatan 1,4 sampai dengan 9,2 kilometer per jam. Penyu laut juga hewan yang pandai menyelam. Mereka mampu menyelam hingga kedalaman 1.00 meter untuk sekedar mencari makanan.
  • Meskipun penyu merupakan hewan yang pandai berenang dan menyelam, tetapi mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka di perairan dangkal.
  • Penyu memiliki kelopak mata yan dapat melindungi mate mereka dari sengata sinar matahari. Penyu dapat melihat dengan sangat baik di perairan, akan tetapi penglihatan mereka akan menjadi buruk ketika berada di darat. Penyu juga hewan yang buta warna.
  • Penyu memiliki kemampuan memperlambat metabolisme tubuhnya, sehingga mereka dapat bertahan hidup beberapa bulan tanpa makanan. Hal ini disebabkan penyu merupakan hewan berdarah dingin.
  • Siklus hidup penyu sulit untuk diukur secara akurat. Apabila spesies penyu hidup dalam kondisi yang tepat dengan persediaan makanan yang cukup, maka mereka dapat hidup selama 50 sampai 80 tahun.
  • Tidak benar jika ada mitos bahwa penyu memiliki kebiasaan menangis. Hal yang sebenarnya terjadi adalah penyu mengekspresikan air garam dari tubuh melalui air mata mereka, sehingga terlihat seolah-olah menangis.
Demikian Fakta Menarik dan Unik Tentang Penyu yang Belum Banyak Diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan