Fakta Menarik dan Unik Tentang Badak yang Wajib Anda Baca

Amongguru.com. Fakta Menarik dan Unik Tentang Badak yang Wajib Anda Baca.

Badak (Rhinoceros) merupakan mamalia darat bertubuh besar kedua setelah gajah. Badak memiliki bobot tubuh yang mencapai lebih dari 1 ton dengan ciri khas adanya cula berjumlah satu atau dua di tengah-tengah dahi.

Badak merupakan hewan herbivora yang terancam punah. Berdasarkan hasil penelitian, dari 30 jenia badak yang tersebar di dunia, hanya 5 jenis saja yang masih dapat bertahan hidup sampai dengan sekarang.

Dari kelima spesies tersebut, dua diantaranya ada di Indonesia, yaitu badak Jawa dan badak Sumatra.

Berikut ini fakta menarik dan unik tentang badak yang wajib anda baca dirangkum dari berbagai sumber.

  • Tanduk badak terbuat dari bahan keras yang dinamakan keratin. Rata-rata tanduk badak dewasa memiliki panjang mencapai 20 inci. Tanduk badak dapat tumbuh kembali apabila patah atau dipotong.

  • Selain senang memakan rumput, badak juga sangat suka dengan buah-buahan. Badak hitam lebih senang memakan daun, buah, dan semak-semak berduri. Sedangkan badak putih lebih menyukai makan rumput.
  • Badak memiliki kebiasaan berkubang di dalam lumpur dan melumuri seluruh tubuhnya dengan lumpur tersebut untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari dan melindungi dari sengatan beberapa serangga pengisap darah.

  • Badak memiliki sistem pernapasan unik, yaitu hembusan napas dan endusan. Hembusan dan endusan ini juga digunakan badak untuk berkomunikasi.
  • Tingkat reproduksi badak termasuk rendah. Masa kehamilan badak dapat mencapai 16 bulan.¬†Badak betina biasanya akan melahirkan satu ekor bayi dengan bobot mencapai 40-80 kg dan akan menyusuinya selama kurang lebih tiga tahun.

  • Badak putih dan hitam Afrika memiliki perbedaan tidak hanya pada warna kulit, tetapi juga bentuk bibirya. Badak putih Afrika memiliki bibir tebal, lebar, dan rata yang berfungsi memudahkan saat memakan rumput. Sedangka badak hitam afrika mempunyai jari pada bibirnya yang memudahkan meraih ranting dan dedaunan.
  • Meskipun bertubuh besar, badak merupakan hewan besar yang lincah dalam bergerak dan berlari. Kecepatan lari badak dapat mencapai 60 km/jam melebihi kecepatan berlari manusia.

  • Lapisan kulit badak yang tebal terbentuk dari kolage dengan ketebalan sekitar 1,5 – 5 cm, Meskipun memiliki kulit yang tebal, kulit badak ternyata sangat sensitif¬† terhadap cahaya matahari dan gigitan serangga.
  • Badak dapat bertahan hidup hingga usia lebih dari 40 tahun. Badak jantan akan mencapai kedewasaan pada usia 7 – 8 tahun, sedangkan badak betina mecapai tingkat dewasa pada usia 5 – 6 tahun.

Fakta Unik Tentang Badak yang wajib Anda Baca

  • Badak memiliki indera penciuman dan pendengar yang sangat tajam, aka tetapi indra penglihatannya buruk. Karena penglihatannya yang buruk, maka badak mudah terkejut dengan gerakan kecil yang jauh sekali pun. Kondisi ini memicu kemarahan yang membuatnya memberikan perlawanan ke arah asal gerakan.
Demikian ulasan mengenai Fakta Menarik dan Unik Tentang Badak yang Wajib Anda Baca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan