Fakta Menarik dan Unik Seputar Beruang Kutub untuk Anda Ketahui

Amongguru.com. Fakta Menarik dan Unik Seputar Beruang Kutub untuk Anda Ketahui.

Beruang kutub (Ursus maritimus) merupakan salah satu hewan penghuni Kutub Utara. Beruang kutub hidup pada benua paling utara bumi, yaitu benua artkit. Suhu udara di benua tersebut sangat rendah. Pada saat musim dingin, suhu udara di benua artik sekitar -34 sampai dengan -69 derajat celcius.

Beruang kutub termasuk hewan yang memiliki tubuh dengan ukuran besar dengan ciri khas bulu putih yang tebal. Bulu yang tebal tersebut berfungsi untuk menjaga kehangatan tubuhnya.

Beruang kutub memiliki lapisan lemak yang cukup tebal, sekitar 10 cm. Hal inilah yang menyebabkan beruang kutub mampu bertahan hidup di bawah suhu 10 derajat celcius.

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dan unik seputar beruang kutub untuk Anda ketahui.

  •  Makanan utama dari beruang kutub adalah anjing laut

Anjing laut adalah makanan utama dari beruang kutub. Beruang kutub membutuhkan makanan berkalori tinggi untuk membantu tubuh dalam menimbun lemak yang menjaganya agar tetap dalam kondisi hangat.

Beruang kutub membutuhkan sekitar 2 kilogram lemak dalam satu hari, yang berarti setara dengan 55 kg anjing laut.

Untuk menangkap anjing laut, maka beruang kutub akan duduk di atas lapisan es tempat lubang pernapasan anjing laut. Beruang kutub juga berusaha mencari sarang anjing laut untuk dihancurkan dan menangkap anjing laut untuk dijadikan makanan.

Selain memakan anjing laut, beruang kutub juga akan memakan apa yang mereka temukan, seperti ikan, tikus, rusa, burung, dan juga buah-buahan.
  • Beruang kutub tidak melakukan hibernasi

Beruang kutub tidak melakukan tidur panjang pada musim dingin atau istilahnya hibernasi. Hewan ini akan tetap  berburu untuk memperoleh makanan, kecuali pada saat kondisi cuaca sangat ekstrim. Ketika kondisi cuaca ekstrim, beruang kutub akan mencari perlindungan agar tetap aman.

  • Bulu beruang kutub tidak memiliki warna

Secara sekilas, warna bulu beruang kutub terlihat putih, akan tetapi buku beruang kutub sebenarnya tidak berwarna atau transparan.

Di dalam setiap rambut pelindung pada beruang kutub, merupakan kantung udara yang berongga. Pada saat matahari menyinari tubuh beruang, maka semua pajang gelombang cahaya akan memantul dari kantung tersebut, sehingga menyebabkan bulu beruang kutub tampak berwarna putih.

Warna bulu beruang dapat berubah-ubah menjadi kuning atau coklat, tergantung posisi matahari.

  • Beruang kutub adalah perenang yang handal
Beruang kutub memiliki kemampuan berenang yang baik. Bentuk cakarnya yang berselaput membantu beruang untuk berenang di laut pada kecepatan tinggi. Beruang juga mampu berenang dalam waktu cukup lama, yaitu sejauh 100 kilometer tanpa berhenti.
  • Beruang kutub memiliki penciuman yang tajam

Beruang kutub mampu mencium bau anjing laut yang sedang bersembunyi pada lapisan salju dengan tebal 1,5 meter. Beruang kutub  bahkan dapat mencium bau bangkai mangsanya pada jarak 20 mil.

  • Berat beruang kutub jantan mencapai 800 kg

Seekor berung kutub jantan mencapai berat sekitar 800 kg atau setara berat 10 manusia dewasa. Sedangkan beruang betina memiliki berat separuh dari berat beruang jantan, sekitar 300-400 kg.

Faktor utama yang membuat tubuh beruang kutub berat adalah adanya timbunan yang cukup tebal di tubuhnya untuk menjaga tubuh agar tetap hangat.

  • Bayi beruang kutub berukuran sebesar tikus

Meskipun ketika dewasa, beruang kutub memiliki tubuh yang besar, akan tetapi pada saat lahir, bayi beruang hanya memiliki ukuran sebesar tikus. Kondisi bayi beruang juga sangat lemah karena tidak berbulu dan juga buta. Makanan yang dikonsumsi oleh bayi beruang adalah susu dari induknya.

Induk beruang kutub akan selalu menjaga dan melindungi anak-anaknya hingga usia 28 bulan untuk tinggal di sarang.

  • Beruang kutub akan merontokkan bulunya pada musim panas

Di dalam menjaga suhu tubuhnya, maka pada musim panas beruang kutub akan merontokkan bulu sebagai bentuk adaptasi fisiologi. Adaptasi ini bertujuan juga untuk mengurangi besarnya penguapan pada tubuh beruang.

  • Beruang kutub menutup hidungnya pada saat berburu

Hidung adalah satu-satunya bagian tubuh beruang yang berwarna hitam. Itulah sebabnya, mereka akan menutup hidungnya dengan kedua kaki ketika menunggu anjing laut yang sedang berenang naik ke daratan sebagai bentuk penyamaran.

Silahkan baca juga artikel terkait berikut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Menarik dan Unik Seputar Beruang Kutub untuk Anda Ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan