Fakta Menarik dan Unik dari Hewan Kaki Seribu Luwing

Amongguru.com. Fakta Menarik dan Unik dari Hewan Kaki Seribu Luwing.

Berbicara tentang hewan kaki seribu (luwing), maka yang ada dalam ingatan kita adalah pada jumlah kakinya yang banyak. Hewan ini sering dijumpai di sekitar rumah, pekarangan, maupun pada semak-semak belukar

Kaki seribu merupakan bagian dari keluarga Arthropoda phylum yang secara harfiah berarti kaki bersendi. Keberadaannya sering mengagetkan karena memiliki kemiripan dengan serangga berbisa, yaitu lipan.

Untuk menambah wawasan Anda tentang hewan ini, berikut fakta menarik dan unik dari hewan kaki seribu luwing yang perlu Anda ketahui yang dikutip berbagai sumber.

1. Jumlah kaki hewan kaki seribu tidak mencapai seribu

Penelitian membuktikan bahwa kaki seribu sebenarnya hanya mempunyai sekitar 750 kaki, dan jumlah tersebut merupakan jenis kaki seribu dengan kaki terbanyak. Karena jumlah kakinya yang banyak dan tidak dapat dihitung dengan segera, maka orang kemudian menyebutnya dengan hewan kaki seribu.

Fakta Menarik dan Unik dari Hewan Kaki Seribu Luwing
Fakta Menarik dan Unik dari Hewan Kaki Seribu Luwing

2.  Gigitan kaki seribu dapat menyebabkan step 

Serangan kaki seribu dapat menyebabkan orang kejang-kejang dan pingsan. Pada anak-anak, gigitan kaki seribu dapat menyebabkan step dan harus segera ditangani secara medis.

Hewan kaki seribu dapat mengigit manusia jika dirinya dalam keadaan terancam, gigitannya menyebarkan cairan yang cukup beracun seperti yang dihasilkan oleh kalajengking atau kelabang.

3.  Kaki seribu akan melingkarkan tubuhnya jika terancam bahaya

Hewan kaki seribu adalah serangga dengan musuh yang banyak, termasuk serangga lainnya seperti semut, kumbang dan belalang. Unggas juga dapat menjadi musuh hewan ini. Untuk melindungi diri, maka kaki seribu akan untuk itu kaki seribu akan melingkarkan tubuhnya agar organ vitalnya, seperti kepala perut dan kaki akan tertutup oleh kulit tebalnya.

4.  Kaki seribu hidup telah ratusan juta tahun yang lalu

Kaki seribu adalah salah satu serangga purba yang hidup di bumi hingga saat ini, karena telah ada sejak 428 juta tahun yang lalu. Kaki seribu purba mempunyai kaki lebih sedikit, akan tetapi memiliki tenaga lebih kuat dibanding spesies yang hidup pada jaman sekarang.

5.  Kaki seribu Afrika adalah spesies terbesar di dunia

Kaki seribu pada umumnya merupakan serangga yang berukuran kecil, tetapi kaki seribu yang hidup di hutan Afrika mempunyai bentuk tubuh yang lebih besar hingga 25 cm. Spesies kaki seribu di Afrika ini menjadi spesies serangga terbesar dengan banyak kaki yang masih hidup sampai dengan saat ini.

6.  Beberapa spesies kaki seribu adalah pemakan daging

Pada umunya hewan kaki seribu adalah herbivora, memakan sari tanaman mati atau bahan organik. Akan tetapi beberapa memiliki spesies kaki seribu dapat memangsa kelabang, cacing tanah dan arthropoda kecil lainnya dan serangga. Spesies jenis inilah yang berbahaya dan beracun.

7.  Jumlah kaki seribu hanya tiga pasang pada saat lahir

Kaki seribu ternyata hanya memiliki tiga pasang kaki ketika baru saja dijahirkan. Jumlah kaki tersebut akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia hewan kaki seribu tersebut.

Demikian ulasan mengenai Fakta Menarik dan Unik dari Hewan Kaki Seribu Luwing. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan