Fakta-fakta tentang Virus Corona yang Wajib Anda Ketahui

Fakta-fakta tentang Virus Corona yang Wajib Anda Ketahui

Amongguru.com. Virus Corona menjadi bahan pemberitaan yang cukup ramai saat ini. Mewabahnya virus Corona dapat menjadi permasalahan kesehatan yang serius, seiring dengan dampak yang ditimbulkannya.

Organisasi kesehatan dunia. WHO, mengungkapkan bahwa virus ini telah menjadi penyebab meningkatnya pneumonia di pusat kota Wuhan, Cina, sebagai episentrum munculnya jenis virus baru tersebut.

Kemunculan virus Corona mengingatkan kembali tentang wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang telah menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia selama wabah pada tahun 2002 yang juga berasal dari China.

Gejala penderita yang terpapar virus Corona mempunyai kemiripan dengan SARS, sehingga munculnya virus baru ini juga perlu diwaspadai.

Berikut ini adalah fakta-fakta tentang virus Corona yang wajib Anda ketahui.

1. Gejala awal seperti flu biasa

Hal yang perlu diwaspadai dari infeksi virus Corona adalah gejalanya. Gejala awal dari infeksi virus Corona mirip seperti flu biasa, yaitu pilek, demam, dan disertai batuk.

Gejala lebih lanjut dari serangan virus ini adalah penderita mengalami kesulitan bernapas, yang berupa dada berat, sesak, dan napas pendek.

Jika timbul gejala demam, batuk, dan kesulitan bernapas, maka segera Anda menghubungi dokter terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Untuk kasus yang lebih parah, infeksi virus Corona akan mengarah pada pneumonia, sindrom pernafasan akut, kegagalan ginjal, bahkan kematian.

2. Merupakan virus jenis baru mirip virus SARS

Virus Corona tergolong sebagai virus yang baru. Virus ini mampu menyebabkan beberapa penyakit, mulai dari flu biasa sampai sindrom pernapasan akut parah (SARS) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Virus Corona berasal dari familia Coronaviridae, satu keluarga dengan virus SARS, sehingga penderita yang terpapar virus Corona memiliki kesamaan gejala dengan SARS.

Sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus ini, beberapa negara telah memasang thermal scanner sebagai alat sensor suhu.

3. Kota Wuhan menjadi episentrum virus Corona

Kota Wuhan merupakan salah satu wilayah di Cina bagian tengah yang diduga menjadi episentrum penyebaran virus Corona.

Dugaan ini diperkuat dengan adanya laporan sebanyak 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan di kota Wuhan mengalami gejala seperti pneumonia.

Pemerintah setempat kemudian menutup pasar ikan Wuhan untuk mencegah dampak yang lebih luas.

Pemerintah juga mengimbau agar pendidik menjauhi pasar ikan dan mencegah kontak langsung dengan penderita.

4. Negara yang sudah terjangkit Virus Corona

Sampai saat ini, sudah ada beberapa negara yang melaporkan mengenai penyebaran virus Corona di negara mereka.

Virus Corona diketahui sudah menyebar ke beberapa negara tetangga Cina, yaitu Thailand, Jepang, dan Korea.

Virus Corona ternyata juga sudah menyerang negara yang lebih jauh, yaitu Amerika Serikat.  Bahkan kasus virus Corona terbaru sudah dapat ditemukan di Hongkong dan Makau.

Kita harus benar-benar siap dalam menghadapi segala kemungkinan dari menyebarnya wabah virus Corona ini.

5. Bentuk Penularan Virus Corona

Virus Corona (virus Pneumonia Wuhan) diprediksi menyebar melalui pernapasan (udara). Ada kemungkinan virus Corona ini dapat ditularkan dari manusia ke manusia dengan paparan hewan sebagai sumber utama infeksi.

Virus Corona yang muncul baru-baru ini, diyakini bersumber dari satwa liar yang diperdagangkan secara ilegal di sebuah pasar hewan di pusat kota Wuhan, Cina.

Penyakit yang diakibatkan oleh virus Corona ini menular melalui saluran pernapasan dan ada kemungkinan mutasi virus dan penyebaran penyakit ini secara lebih lanjut.

6. Belum Ada Vaksin

Setidaknya hingga saaat ini, belum ada vaksin yang ampuh untuk melindungi manusia dari serangan virus Corona.

Pembuatan vaksin memerlukan waktu lama, sehingga tidak mungkin vaksin ditemukan dan dipasarkan sesaat setelah terjadi outbreak.

Untuk mengurangi resiko terinfeksi virus Corona, maka disarankan untuk menghindari penderita yang terpapar virus ini.

Meskipun pada awalnya diduga berasal dari hewan, akan tetapi virus Corona dapat juga dengan mudah menyebar melalui kontak manusia.

7. Beresiko menyerang jantung

Virus Corona memunculkan suatu infeksi, terutama pada paru-paru yang sangat berhubungan dengan organ tubuh lainnya, termasuk jantung.

Jika infeksi menyebar ke tenggorokan dan paru-paru, penderita bisa mengalami pneumonia, terutama jika berusia lanjut, orang dengan penyakit jantung, atau dengan sistem kekebalan yang lemah. Efek terburuknya kematian pada penderita, terutama jika menginfeksi jantung.

8. Tips mencegah infeksi virus Corona

Tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghindari virus Corona adalah dengan menjaga pola hidup sehat, antara lain sering mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, hindari menyentuh bagian hidung dan mulut dengan tangan tidak bersih, hindari kontak dengan penderita yang terpapar virus Corona, dan gunakan masker terutama saat berada di luar ruangan.

Demikian fakta-fakta tentang virus Corona yang wajib Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan