Edaran Verval-TIK Madrasah dan PK-PPS Persiapan AKM Tahun 2021

Edaran Verval-TIK Madrasah dan PK-PPS Persiapan AKM Tahun 2021

Amongguru.com. Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia menerbitkan Edaran tentang Verval-TIK Madrasah dan PK-PPS Persiapan AKM Tahun 2021. 

Edaran tersebut bernomor B-1353.2/DJ.I/HM.00/05/2021 tertanggal 4 April 2021 tentang Pemberitahuan Verval-TIK Madrasah dan PK-PPS untuk Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021. Penerbitan Surat Edaran untuk Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi di seluruh Indonesia.

Di dalam Edaran tersebut terdapat beberapa informasi terkait dengan pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Kesiapan Teknologi dan Informasi Komunikasi (Verval-TIK) Satuan Pendidikan Madrasah dan Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren Salafiyah (PK-PPS).

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama  bekerjasama dengan Kemendikbud akan melakukan Verval-TIK Satuan Pendidikan Madrasah dan Pendidikan Kesetaraan pada Pondok Pesantren.

Pelaksanaan Verval-TIK sebagai persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 untuk instrumen pemetaan kesiapan Satuan Pendidikan.

Baca : Petunjuk Teknis Juknis PPG Dalam Jabatan Kemenag Tahun 2021

Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 adalah pada bulan September dan Oktober 2021.

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Asesmen Nasional, maka memerlukan sinergi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, Kanwil Kemenag, Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan masyarakat dalam hal resource sharing infrastruktur Asesmen Nasional.

Selain itu, membutuhkan juga pemetaan berbasis data spasial terkait kesiapan TIK untuk Asesmen Nasional Tahun 2021.

Pemetaan tersebut, meliputi : (1) Resource sharing TIK antar Satuan Pendidikan; (2) Resource sharing TIK dengan fasilitas lainnya dari Pemerintah Daerah; dan (3) Resource sharing TIK dengan orang tua atau mekanisme pendanaan lainnya.

Setiap Satuan Pendidikan harus melengkapi data dukung TIK di lingkungan Satuan Pendidikan melalui laman Verval-TIK yang dapat diakses pada laman : https://vervaltik.data.kemdikbud.go.id.

Daya dukung tersebut, yaitu berupa Jumlah Komputer atau  Laptop, Akses Internet, dan Sumber Listrik. Selanjutnya Kementerian Agama Kabupaten/Kota akan melakukan verifikasi.

Di dalam pelaksanaan proses Verval-TIK, Kanwil Kementerian Agama Provinsi bertugas untuk melakukan monitoring guna memastikan seluruh Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan di wilayahnya telah melakukan Verval-TIK.

Tugas Kemenag Kabupaten/Kota terkait dengan pelaksanaan Verval-TIK adalah sebagai berikut.

1. Melakukan verifikasi dan validasi terkait data dukung TIK Satuan Pendidikan;

2. Menentukan mod a pelaksanaan Asesmen Nasional (Online/Semi Online) sesuai kondisi TIK Satuan Pendidikan.

3. Menentukan status pelaksanaan Asesmen Nasional (Mandiri, Mandiri dan Ditumpangi, dan Menumpang) sesuai dengan kondisi geografis dan kesiapan TIK Satuan Pendidikan.

Pengisian data oleh Kemenag Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan melalui laman Verval-TIK. Pengisian menggunakan akun sdm.data.kemdlkbud.go.id paling lambat tanggal 31 Mei 2021.

Panduan pelaksanaan Verval TIK bagi Kemenag Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan dapat di unduh melalui laman: https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/7ZyyrHd7cgJQ65r.

Edaran tentang Pemberitahuan Verval-TIK Madrasah dan PK-PPS untuk Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian edaran Verval-TIK Madrasah dan PK-PPS persiapan pelaksanaan AKM tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan