Edaran Pembukaan Kembali Akses Survei Lingkungan Belajar AN 2021

Edaran Pembukaan Kembali Akses Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021

Amongguru.com. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek menerbitkan Surat Edaran tentang Pembukaan Kembali Akses Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021. Surat edaran tersebut bernomor 4818/H/PG.00.02/2021 tertanggal 8 Oktober 2021.

Edaran Pembukaan Kembali Akses Survei Lingkungan Belajar ini ditujukan kepada Kepala Satuan Pendidikan Jenjang SMK, SMA/MA, SMP/MTs sederajat di seluruh Indonesia.

Survei Lingkungan Belajar menjadi salah satu instrumen dalam Asesmen Nasional, selain AKM dan Survei Karakter.

Mutu sistem pendidikan tersebut dapat diukur dari kualitas lingkungan belajar pada tiap satuan pendidikan.

Survei Lingkungan Belajar dapat menjadi instrumen untuk pengukuran kualitas lingkungan belajar tersebut. Kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan mencakup iklim keamanan, iklim inklusifitas dan kebinekaan, dan proses pembelajaran di satuan pendidikan.

Aspek Pengukuran Survei Lingkungan Belajar

Survei Lingkungan Belajar bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Di dalam pelaksanaaannya, survei wajib diisi oleh kepala sekolah dan guru yang terdata di Dapodik. Kegiatan pengisian tersebut untuk mengumpulkan informasi seputar input, proses dan lingkungan belajar.

Baca : Cara Login Survei Lingkungan Belajar oleh Kepala Sekolah dan Guru

Apabila guru bertugas di lebih dari satu sekolah, maka harus mengisi Survei Lingkungan Belajar untuk setiap tempat mengajar.

Terdapat lima aspek yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar, yaitu iklim keamanan sekolah, iklim kebhinekaan sekolah, iklim sosial ekonomi, kualitas pembelajaran, dan pengembangan guru.

Berikut ini aspek yang diukur dalam Survei Lingkungan Belajar dan indikator pengukurannya.

1. Iklim keamanan sekolah

  • Keamanan dan kesejahteraan peserta didik sikap
  • Keyakinan guru kebijakan dan program sekola

2. Iklim kebhinekaan sekolah

  • Praktik multikultural di kelas sikap
  • Keyakinan guru maupun kepala sekolah kebijakan dan program sekolah.

3. Indeks sosial ekonomi

  • Pendidikan orang tua
  • Profesi orang tua
  • Fasilitas belajar di rumah.

4. Kualitas pembelajaran

  • ¬†Manajemen kelas
  • dukungan afektif
  • aktivitas konekti

5. Pengembangan guru

  • Refleksi dan pengembangan pembelajaran
  • Dukungan untuk refleksi guru.

Pembukaan Kembali Akses Survei Lingkungan Belajar

Di dalam Surat Edaran diinformasikan bahwa dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), seluruh kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) diwajibkan mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar.

Survei ini bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil AN memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran.

Tingkat partisipasi dan keterisian instrumen survei sangat berpengaruh terhadap hasil analisis dan pelaporan mengenai input dan proses pembelajaran tersebut.

Melihat hasil rekapitulasi data survei lingkungan belajar, terdapat responden yang belum mengisi atau tidak lengkap dalam pengisian.

Oleh karena itu, akses pengisian survei melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/ dibuka kembali pada tanggal 11 sampai dengan 14 Oktober 2021.

Kepala satuan pendidikan dan pendidik (guru) jenjang SMK, SMA/MA, dan SMP/MTs sederajat, dihimbau untuk mengisi dan/atau melengkapi jawaban seluruh pertanyaan pada rentang waktu tersebut.

Untuk mendukung kelancaran pengisian survei pada masa pembukaan kembali akses, operator/proktor pada masing-masing satuan pendidikan agar melakukan cetak kartu login pengisian survei.

Informasi detail mengenai mekanisme cetak kartu login dapat diakses melalui laman https://dashboardslb.kemdikbud.go.id.

Surat Edaran tentang Pembukaan Kembali Akses Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021 selengkapnya dapat di unduh pada tautan di bawah ini.

 

Unduh

Demikian informasi mengenai surat edaran pembukaan kembali akses Survei Lingkungan Belajar AN Tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan