Edaran Kemdikbudristek tentang Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 6

Edaran Kemdikbudristek tentang Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 6

Amongguru.com. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan surat edaran terkait pendaftaran Pendidikan Guru Penggerak (PPG) Angkatan 6.

Surat Edaran Kemdikbudristek tersebut bernomor 7937/B.B3/GT.03.15/2021 tertanggal 26 Desember 2021 tentang Fasilitasi sosialisasi dan coaching clinic (kampanye) Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6.

Di dalam surat edaran diinformasikan bahwa untuk menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan melaksanakan Pendidikan Guru Penggerak angkatan 6.

PGP angkatan 6 akan dilaksanakan pada sasaran 159 Kabupaten/Kota dengan sasaran peserta sejumlah 8.000 guru dan diharapkan mendapatkan 40.000 pendaftar.

Pelaksanaan PGP angkatan 6 akan dimulai pada bulan Agustus 2022 selama 6 (enam) bulan. Pola pendidikan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dan dipandu oleh instruktur, fasilitator dan pengajar praktik (pendamping).

Baca : Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 5

Untuk mendapatkan calon peserta sesuai dengan yang diharapkan dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka disampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Sasaran calon Guru Penggerak angkatan 6 sejumlah 8.000 orang pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. Sasaran calon pengajar praktik sejumlah 1.600 orang.

a. Informasi dan rekrutmen Calon Guru Penggerak pada rentang waktu : 25 Desember 2021 sampai dengan 15 Februari 2022.

b. Informasi dan rekrutmen Calon Pengajar Praktik pada rentang waktu : 25 Desember 2021 sampai dengan 4 Februari 2022.

2. Informasi proses rekrutmen dan pendaftaran peserta dapat diakses melalui aplikasi laman : https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

3. Pembagian wilayah sosialisasi dan coaching clinic (kampanye) PGP Angkatan 6 sebagaimana
Lampiran 2.

4. Persiapan sosialisasi dan coaching clinic (kampanye) PGP Angkatan 6 akan koordinasikan kemudian.

Pada akhir Surat Edaran, disampaikan bahwa untuk memperlancar proses rekrutmen pada PGP, maka diminta Kepala Unit Kerja untuk dapat memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi dan coaching clinic (kampanye) PGP Angkatan 6 sesuai dengan anggaran yang relevan.

Surat Edaran Kemdikbudristek tentang Fasilitasi sosialisasi dan coaching clinic (kampanye) PGP Angkatan 6 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan di bawah ini.

Unduh

Demikian informasi mengenai Surat Edaran Kemdikbudristek tentang pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan