Draft Surat Edaran Residu NIK Satuan Pendidikan

Draft Surat Edaran Residu NIK Satuan Pendidikan

Amongguru.com. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbudristek telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1846/J1/DS.00.01/2022 tertanggal 11 Mei 2022 tentang Draft Surat Edaran Residu NIK Satuan Pendidikan.

Informasi tentang Draft Surat Edaran Residu Nomor Induk Kependudukan Satuan Pendidikan tersebut secara khusus ditujukan kepada :

1. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;

2. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi;

3. Direktur Pendidikan Anak Usia Dini;

4. Direktur Pendidikan Sekolah Dasar;

5. Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Pertama;

6. Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Atas;

7. Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan; dan

8. Direktur Pendidikan Khusus dan Pendidikan Masyarakat.

Berdasarkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, setiap data identitas Pendidik, Tenaga Kependidikan (PTK) dan Peserta Didik (PD) harus mengacu pada Data Induk Kependudukan yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kemendagri Duckapil).

Di dalam rangka melaksanakan amanat tersebut Pusdatin telah melakukan pemadanan NIK yang terdapat pada Dapodik dengan data induk kependudukan Dukcapil.

Akan tetapi, masih ada data NIK Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik yang masih belum terpadankan dengan Dukcapil.

Melalui Edaran diharapkan seluruh satuan pendidikan untuk memperbaiki data peserta didik melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk pendidik dan tenaga kependidikan, perbaikan data NIK dilakukan melalui laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id.

Di dalam Edaran tersebut juga dilampirkan residu (data yang belum valid) tiap jenjang pendidikan sebagai bahan informasi ke Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Satuan Pendidikan.

Draft Surat Edaran Residu Nomor Induk Kependudukan Satuan Pendidikan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Unduh

Demikian Draft Surat Edaran Residu NIK Satuan Pendidikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan