Download Tema dan Logo HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Download Tema dan Logo HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Amongguru.com. Tema dan logo HUT ke 75 Kemerdekaan RI ditetapkan oleh pemerintah untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2020.

Tema dan logo HUT ke 75 kemerdekaan RI juga akan menjadi branding rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

Pada tanggal 15 Januari 2020 kemarin, Kementerian Sekretaris Negara (Kemsetneg) secara resmi telah mengenalkan tema dan logo resmi HUT RI ke 75 Tahun 2020.

Tema dan logo ini diperkenalkan dan diatur penggunaannya melalui Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara bernomor B-27/M.Sesneg/Set/TU.00.04/01/2020.

Dalam surat edaran yang diterbitkan tersebut, Pratikno, selaku Menteri Sekretaris Negara meminta para pimpinan lembaga negara, menteri, gubernur Bank Indonesia, panglima TNI, kapolri, dan pejabat kementerian untuk menyosialisasikan tema dan logo tersebut.

Pratikno juga meminta kepada pimpinan lembaga non struktural, gubernur, bupati dan wali kota di seluruh Indonesia untuk turut serta mensosialisasikan tema dan logo HUT Republik Indonesia ke 75 tahun 2020.

Surat edaran tersebut bernomor B‐681/M Sesneg/Set/TU 00 04/06/2019 tertanggal 24 Juni 2019 yang ditandatangani langsung oleh Menteri Sekretaris Negara  selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional  dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional.

Tema dan Logo HUT RI Ke 75 Tahun 2020

Berikut adalah visual tema dan logo Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 75 tahun 2020.

Pembuatan tema dan logo HUT ke 75 RI tahun 2020 memiliki relevansi dengan tujuan pemerintah pada periode baru ini, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Baca juga : Peristiwa Penting Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia

HUT RI ke 75 tahun 2020 mengusung tema Indonesia Maju. Tema “Indonesia Maju” merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan logo HUT RI ke 75 tahun 2020 terinspirasi oleh simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila.

Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan serta menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia.

Selain itu logo tersebut menggambarkan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada rakyat Indonesia.

Makna logo HUT Republik Indonesia ke 75 Tahun 2020 secara lengkap adalah sebagai berikut.

1. Pemerataan ekonomi dan kualitas hidup untuk seluruh rakyat Indonesia yang diintegrasikan ke dalam elemen bagian angka 7, yang melambangkan kesetaraan untuk kesejahteraan dan keadilan yang ekual bagi semua individu.

2. Progres kerja dinamis dan kepentingan progres infrasutruktur direpresentasikan ke dalam elemen badan angka 7, meskipun tidak berganti lurus, tetapi progres kerja yang dinamis akan mencapai hasil akhir yang optimal, tanpa harus menjadi lurus dan kaku.

3. Regenerasi kerja yang konsisten adanya progres yang nyata dalam bekerja direpresentasikan dalam elemen badan angka 5 yang menyerupai lingkaran hampir sempurna; semua lingkaran ini melambangkan progres yang terus menerus dan terlihat nyata, selalu memperbaiki dan selalu mengejar target.

4. Melambangkan kesatuan Indonesia sebagai negara yang mampu menjaga dan mengamankan bangsa, memperkokoh kedaulatan, memperkokoh persatuan dan kesatuan yang diambil dari simbol perisai di dalam Garuda Pancasila.

Pedoman Pembuatan Tema dan Logo HUT RI

Pembuatan desain tema dan logo untuk peringatan hari ulang tahun kemerdekaan negara, harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sekretaris Negara. 

Pedoman dalam pembuatan logo dan tema HUT Kemerdekaan RI sebagaimana diatur oleh Kementerian Sekretaris Negara adalah sebagai berikut.

  • Logogram dan logotype harus dipakai dalam kesatuan yang utuh. Dalam pemakainnya, logogram dan logotype tidak dapat berdiri sendiri.
  • Pembuatan logo tidak boleh menggunakan ukuran kurang dari 2 centimeter untuk menjaga keterbacaan logo.
  • Setiap keterangan penggunaan logo, harus disertai dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo.
  • Di dalam area aman yang telah ditentukan dan disepakati bersama, tidak boleh ada elemen grafis apa pun.
  • Penggunaan logo tidak diperbolehkan untuk didistorsi, diputar, dibalik.
  • Pemakaian logo tidak boleh diganti warna, selain warna korporasi yang telah disetujui.
  • Bentuk logo tidak boleh diubah atau dipotong sebagian, dan tidak boleh menggunakan efek gambar yang tidak relevan.
  • Logo tidak diperbolehkan diletakkan di atas pada foto berwarna, foto hitam putih maupun berwarna.
  • Bentuk logo tidak boleh dipisah antara logogram maupun logotype.
  • Logo tidak diperbolehkan diletakan di atas warna latar yang serupa dengan warna logo.

Download Surat Edaran, Pedoman Visual, dan hal lain terkait Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 pada link berikut.

1. Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 [download]

2. Pedoman Visual Penggunaan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 [download]

Soft copy tema dan logo peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 beserta pedomannya juga dapat diunduh melalui website resmi Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id.

Demikian tema dan logo HUT Republik Indonesia ke 75 tahun 2020. Semoga tema dan logo HUT RI ke 75 ini akan lebih mewarnai kemeriahan peringatan kemerdekaan negara kita di tahun 2020.

 

Tinggalkan Balasan