Download Prota Promes KI KD KKM Silabus RPP SD MI Tahun 2020

Download Prota Promes KI KD KKM Silabus RPP SD MI Tahun 2020

Amongguru.com. Prota, Promes, KI, KD, KKM, Silabus, dan RPP merupakan komponen perangkat pembelajaran yang harus disiapkan guru untuk mengajar.

Perangkat pembelajaran adalah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Perangkat pembelajaran diperlukan guru untuk pedoman dalam mencapai tujuan pembelajaran secara lebih efektif.

Di dalam perangkat pembelajaran terdapat sejumlah bahan, alat, media, dan petunjuk yang akan digunakan guru dalam pembelajaran.

Penyusunan perangkat pembelajaran merupakan  bagian dar perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi.

Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media, sumber belajar, penilaian, dan skenario pembelajaran.

Prota Promes KI KD KKM Silabus RPP SD MI Tahun 2020

Berikut ini dibagikan Prota, Promes, KI, KD, KKM, Silabus, dan RPP SD MI Tahun 2020 untuk membantu guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran.

1. Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes)

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (KI dan KD) yang ditetapkan.

Penetapan alokasi waktu dibutuhkan agar seluruh Kompetensi Dasar dapat dicapai dan dikuasai oleh peserta didik.

Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai struktur kurikulum yang berlaku dan juga keluasan materi yang harus dikuasai peserta didik.

Prota menjadi program umum untuk setiap mata pelajaran. Prota berisi garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru yang bersangkutan.

Program Semester (Promes) merupakan program yang berisi garis-garis besar tentang hal-hal yang akan dicapai dalam satu semester. Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan.

Promes berisi rumusan pokok-pokok aktivitas guru dalam melakukan pembelajaran selama satu semester dengan mempertimbangkan alokasi waktu yang tersedia, jumlah Kompetensi Dasar, dan Indikator.

Promes akan memudahkan guru dalam mengajarkan materi untuk dikuasai peserta didik dalam satu semester.

Prota dan Promes SD Kurikulum 2013 secara lengkap dapat di unduh di sini.

2. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik.

Kompetensi inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL. Kompetensi Inti berbentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dinyatakan telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu.

Kompetensi Inti mencakup empat dimensi yang mencerminkan : (1) sikap spiritual; (2) sikap sosial; (3) pengetahuan; (4) dan keterampilan.

Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Kompetensi dasar berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu, sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

Kompetensi Dasar berisi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.

KI dan KD SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 2018 secara lengkap dapat di unduh di sini. Format pemetaan KI dan KD Kurikulum 2013 juga dapat di unduh di sini.

3. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan.

KKM menunjukkan prosentase tingkat pencapaian kompetensi peserta didik, sehingga dinyatakan dengan angka maksimal 100 (seratus).

Angka maksimal 100 ini merupakan kriteria ketuntasan ideal, Sedangkan ketuntasan secara nasional diharapkan mencapai minimal 75.

Perumusan KKM setidaknya perlu memperhatikan tiga aspek, yaitu karakteristik peserta didik (intake), kompleksitas materi atau kompetensi, dan daya dukung pada proses pencapaian kompetensi.

Format KKM SD Kurikulum 2013 revisi terbaru dapat di unduh di sini.

4. Silabus

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu.

Silabus mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan diberi kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Silabus SD Kurikulum 2013 revisi 2017 2018 secara lengkap dapat di unduh di sini.

5. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah satu komponen administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki guru.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

RPP menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran di dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus.

RPP satu lembar SD terbaru tahun 2020 selengkapnya dapat di unduh di sini.

Baca :

Demikian yang dapat dibagikan mengenai Prota Promes KI KD KKM Silabus RPP SD MI Tahun 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan