Download POS dan Kisi-kisi UN USBN Tahun 2019 Lengkap Di Sini

Download POS dan Kisi-kisi UN USBN Tahun 2019 Lengkap Di Sini

Amongguru.com. Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan alat evaluasi pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Tujuan UN dan USBN sesuai amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2005 adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Download POS dan Kisi-kisi UN USBN Tahun 2019 Lengkap Di Sini
Download POS dan Kisi-kisi UN USBN Tahun 2019 Lengkap Di Sini

Secara khusus, penyelenggaan Ujian Nasional bertujuan sebagai berikut.

  1. Sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah di daerahnya masing-masingMenjadi pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya.
  2. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  3. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  4. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  5. Mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  6. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.

Sedangkan hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik pada satuan pendidikan tertetu dengan tetap memperhatikan aspek-aspek penilaian kelulusan yang

Soal UN dan USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen soal yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif.

Penyusunan soal UN dan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran harus mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan.

Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

Sebagai upaya dalam mencapai tujuan tersebut, maka guru perlu dipahami tentang kisi-kisi UN dan USBN sebagai rambu-rambu soal yang akan diujikan.

Kisi-kisi UN dan USBN merupakan pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan kisi-kisi UN dan USNBN Tahun Pelajaran 2018/2019. Keputusan tersebut ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018.

Kisi-kisi UN dan USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi Soal UN dan USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2006 dan juga Kurikulum 2013.

Kebijakan UN dan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018.

Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen.

Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen. Sedangkan kisi-kisi Ujian Nasional sepenuhnya disusun oleh pusat.

Dengan adanya kisi-kisi UN dan USBN tersebut,diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Prosedur Operasional Standar (POS) UN dan USBN Tahun 2019

POS UN dan USBN juga perlu disusun untuk mengatur penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), baik dari sisi teknis pelaksanaan maupun administrasinya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan, maka tiap satuan pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) UN dan USBN tahun 2019.

BSNP menetapkan POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019.

Penetapan tersebut dimuat dalam Keputusan BSNP Nomor 0048/P/BSNP/XI/2018 untuk POS USBN dan Nomor 0047/P/BSNP/XI/2018 untuk POS UN.

POS UN dan USBN merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN tahun 2019.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, POS UN 2019 juga memuat kebijakan pelaksanaan UN di daerah terdampak gempa, yaitu daerah Lombok dan Sulawesi Tengah.

Terdapat kebijakan khusus untuk pelaksanaan UN di daerah terkena dampak gempa. Secara teknis, Direktorat terkait dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dan akan terus berkoordinasi dengan daerah terdampak gempa.

POS UN 2018 untuk SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK resmi dari BSNP ini mengatur tentang pelaksanaan dan teknis penyelenggaraan Ujian Nasional ( UN ) untuk jenjang SMP/MTs, SMPTK, SMPLB, SMPT, SMA,  SMAK/ SMTK, SMALB, SMK/MAK, SMAT, Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C tahun pelajaran 2017/2018.

Download POS dan Kisi-kisi UN USBN Tahun 2019 Lengkap Di Sini

Download kisi-kisi UN dan USBN tahun 2019  pada link berikut.

Kisi-kisi USBN Tahun 2019

Kisi-kisi UN Tahun 2019

Download POS UN dan USBN tahun 2019 pada link di bawah ini.

Demikian informasi mengenai POS dan Kisi-kisi UN USBN Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan