Download Peringkat Provinsi dan Nasional KSN SD Tahun 2020

Download Peringkat Provinsi dan Nasional KSN SD Tahun 2020

Amongguru.com. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan pengumuman peringkat provinsi dan nasional Kompetisi Sains Nasional SD secara daring tahun 2020.

Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 2813/J3/PD/2020 tentang Informasi Daftar Peringkat Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2020 tertanggal 26 November 2020.

Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2020 pada tanggal 6 sampai dengan 11 Oktober 2020.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka disampaikan daftar peringkat hasil Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Tingkat Provinsi Tahun 2020.

Pusat Prestasi Nasional hanya memberikan sertifikat kepada peserta KSN SD Tingkat Nasional. Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota diharapkan dapat memberikan sertifikat atau penghargaan lainnya kepada siswa dengan peringkat terbaik.

Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar atau KSN SD sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi.

Kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

Tujuan

Tujuan umum Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN SD) Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains
yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi.

Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Sedangkan tujuan khusus KSN SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut.

1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.

2. Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.

3. Peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat.

5. Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.

6. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Sasaran

Sasaran seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah peserta didik sekolah dasar yang telah mengikuti seleksi secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi, dan nasional.

Ruang Lingkup

Bidang yang dikompetisikan dalam KSN-SD Tahun 2020 adalah Matematika dan IPA.

Pengumuman peringkat provinsi dan nasional Kompetisi Sains Nasional SD secara daring tahun 2020 selengkapnya dapat diunduh pada tautan link berikut ini.

Peringkat KSN SD 2020 – Unduh

Demikian informasi mengenai pengumuman peringkat provinsi dan nasional SD tahun 2020Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan