Download Pedoman PPG Dalam Jabatan Pada Kemenag Tahun 2021

Download Pedoman PPG Dalam Jabatan Pada Kemenag Tahun 2021

Amongguru.com. Menteri Agama Republik Indonesia telah menetapkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pada Kementerian Agama.

Pedoman PPG Dalam Jabatan ini diterbitkan untuk tertibnya administrasi, standarisasi, penjaminan mutu, dan akuntabilitas penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan pada Kementerian Agama.

Pedoman PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama ini menjadi acuan bagi pihak penyelenggara dalam merencananakan, melaksanakan, memantau, mengevaluasi, dan melaporkan penyelenggaraannya.

Kementerian Agama perlu menerbitkan pedoman Pendidikan Profesi Guru yang dikhususkan bagi Guru Dalam Jabatan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraannya agar sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Program PPG Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan pendidik agar menguasai kompetensi keguruan secara utuh sesuai Standar Nasional Pendidikan.

Dengan demikian, guru akan dapat melaksanakan tugas keprofesiannya secara bermutu dan berdaya saing setelah memperoleh sertifikat pendidik.

Sertifikat Pendidik merupakan bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru sebagai tenaga profesional. Proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen selanjutnya disebut sertifikasi.

Maksud dan Tujuan

Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan ini dimaksudkan sebagai panduan bagi penyelenggara dan peserta program dalam melaksanakan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan pada Kementerian Agama.

Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama bertujuan untuk menjamin pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan pada Kementerian Agama yang bermutu untuk mencetak guru profesional yang memiliki sertifikat sebagai pendidik.

Sasaran dan Ruang Lingkup

Sasaran penetapan Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik profesional pada satuan pendidikan untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

2. Menghasilkan guru profesional yang memiliki kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran.

3. Menghasilkan guru profesional yang dapat menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan dan pelatihan peserta didik.

4. Menghasilkan guru yang mampu melakukan penelitian dan mengembangkan keprofesian secara berkelanjutan.

Ruang lingkup pedoman penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama meliputi prosedur dan kriteria dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan penyelenggaraannya.

Sasaran Program

Sasaran Program PPG Dalam Jabatan di satuan kerja Kementerian Agama ini adalah para pendidik pada seluruh jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menenagh yang memenuhi kualifikasi akademik lulusan Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV) atau Pondok Pesantren yang sudah dipersamakan.

Sasaran program PPG Dalam Jabatan pada Kementerian Agama meliputi :

1. Guru pada RA;

2. Guru Kelas dan Guru Bidang Studi pada MI;

3. Guru Mata Pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran umum pada MTs, MA, dan MAK;

4. Guru Pendidikan Agama pada sekolah; dan

5. Guru Mata Pelajaran Keagamaan pada satuan pendidikan keagamaan.

Profil Lulusan PPG

Lulusan PPG merupakan guru yang menguasai materi ajar, berkarakter, dan berkepribadian Indonesia, menginspirasi, dan menjadi tauladan.

Lulusan PPG juga perbenampilan mempesona, berwibawa, tegas, ikhlas, disiplin, serta mampu mendidik, membelajarkan, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik sesuai tuntutan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini dan masa depan.

Standar Kompetensi Lulusan PPG

Standar Kompetensi Lulusan PPG mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam rumusan CPL Program PPG.

Rumusan CPL Program PPG memuat kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional , dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut mencakup sikap, pengetahuan, keteramplilan umum, dan keterampilan khusus.

Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 745 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Pada Kementerian Agama selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pada link berikut ini.

Unduh

Demikian Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan pada Kementerian Agama Tahun 2021. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan